Kompas TV olahraga kompas sport

Ahli Bedah Sebut Marc Marquez Tidak Bisa Sembuh

Kompas.tv - 11 November 2021, 06:37 WIB
ahli-bedah-sebut-marc-marquez-tidak-bisa-sembuh
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada hari pertama seri balap MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone, (Sumber: MOTOGP.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali mengalami masalah. Dia mengalami gegar otak ringan karena terjatuh saat menjalani latihan motor.

Akibatnya, Marc Marquez terpaksa absen pada dua seri balapan terakhir MotoGP 2021, GP Algarve dan GP Valencia.

Padahal, Marc Marquez yang sudah absen sembilan bulan karena cedera patah tulang lengan kanan performanya mulai membaik dengan memenangi tiga balapan musim ini. Dia menjuarai balapan GP Jerman, GP Americas, dan GP Emilia Romagna.

Baca Juga: Marc Marquez Diminta Cepat Pulih Demi MotoGP 2022

Namun masalah lain berisiko memengaruhi moral Marquez setelah cedera baru yang dialaminya setelah terjatuh saat berlatih motor.

Bagi Marquez, musim telah berakhir dan banyak kekhawatiran setelah vonis dari dokter Sanchez Dalmau dari Hospital Clinic di Barcelona.

Dilansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (11/11/2021), Dalmau mendiagnosis pembalap Spanyol itu mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblique superior.

Kabar tersebut menjadi pukulan keras bagi moral Marquez dibalik masalah penglihatan (diplopia) yang didiagnosis sebagai efek dari kecelakaan dalam latihan motor.

Masalah sebenarnya sudah ada 10 tahun lalu setelah kecelakaan pada latihan bebas GP Malaysia.

Marquez yang saat itu berusia delapan belas tahun harus absen selama tiga balapan dan kehilangan kesempatan untuk memenangkan gelar juara dunia Moto2.

Tetapi bukan itu saja. Akibat masalah tersebut belum teratasi, ia harus menjalani operasi pada Januari 2012.

Menurut apa yang dilaporkan oleh Corriere della Sera, seseorang yang dekat dengan Marquez tampaknya telah menjelaskan masalah fisik dan pukulan bagi jiwa dan moral, yang disebabkan oleh pemberhentian baru ini.

Saat ini, waktu pemulihan Marquez masih harus dievaluasi dan keraguan tentang karier Marquez masih hangat diperbincangkan.

Sementara itu, Andrea Gerosa, ahli bedah saraf rumah sakit Maggiore di Parma mengatakan, jika masalah saraf maruez parah maka tidak ada pemulihan.

Namun, jika tidak ada masalah saraf, seperti yang sering terjadi, kondisi Marquez akan membaik.

"Fakta bahwa kecelakaan itu mempengaruhi mata yang sama sangat menjengkelkan. Terapi anti-edema (otak) diterapkan untuk otot, tetapi Anda perlu waktu, dan penyembuhannya butuh waktu," ucap Gerosa.

Baca Juga: Sorotan MotoGP 2021: Marc Marquez Belum Tentu Bisa Comeback di Valencia




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x