Kompas TV nasional kesehatan

BPOM Umumkan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri, Kenali Bahayanya

Kompas.tv - 16 November 2021, 16:11 WIB
bpom-umumkan-produk-kosmetik-mengandung-merkuri-kenali-bahayanya
Ilustrasi produk kosmetik. Produk kosmetik yang mengandung merkuri berbahaya bagi kesehatan. (Sumber: Insider)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis daftar produk kosmetik yang mengandung merkuri. Sejumlah produk berbahaya itu mudah diakses publik di platform belanja daring.

Bahaya merkuri bagi kesehatan sendiri sudah didokumentasikan secara luas. Unsur kimia ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan ginjal dan mata.

Eksposur merkuri dari produk kosmetik dapat membahayakan kesehatan. Maka, sangat disarankan untuk menghindari produk kosmetik yang mengandung merkuri.

Merkuri atau juga disebut raksa adalah unsur kimia yang secara alami dapat ditemui baik di perairan, tanah, maupun udara.

Kendati demikian, paparan merkuri dalam kadar tertentu apalagi secara berkepanjangan membahayakan manusia.

Baca Juga: BPOM Ungkap Sejumlah Produk Kosmetik Mengandung Merkuri, Berikut Daftarnya

Menurut publikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), terdapat tiga bentuk merkuri yang ada, yaitu merkuri elemental (logam), anorganik, serta organik. Tingkat toksisitas antarmerkuri pun berbeda-beda.

Menurut WHO, paparan merkuri, meskipun kecil, berpotensi berbahaya bagi tubuh. Bahan kimia ini dapat menimbulkan efek toksik ke sistem saraf, pencernaan, imun, paru-paru, ginjal, kulit, serta mata.

Bahan kimia ini juga berbahaya jika sampai memapar janin dalam kandungan.

WHO pun memasukkan merkuri sebagai satu dari 10 bahan kimia utama yang paling mengancam kesehatan masyarakat.

Efek merkuri terhadap tubuh sendiri berbeda-beda tergantung berbagai faktor, antara lain jenis merkuri yang memapar, dosis, usia dari orang yang terpapar, durasi paparan, serta cara paparan.

Menurut WHO, merkuri berjenis elemental dan metilmerkuri (tergolong organik) toksik bagi sistem saraf sentral dan peripheral. 

Paparan uap merkuri dari sistem pernafasan dapat fatal bagi sistem saraf, imun, serta pencernaan, juga paru-paru dan ginjal.

Di lain sisi, paparan garam anorganik dalam merkuri yang biasanya terdapat dalam produk kosmetik berbahaya disebut korosif bagi kulit. Merkuri ini juga bisa membahyakan mata, sistem pencernaan, dan meracuni ginjal jika tertelan.

Baca Juga: 7 Benda di Sekitar Kita yang Mengandung Merkuri


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x