Kompas TV bisnis bumn

Curiga Ada Sabotase di Kebakaran Tangki, PDIP Usul Pertamina TWK Seluruh Pegawai

Kompas.tv - 16 November 2021, 08:49 WIB
curiga-ada-sabotase-di-kebakaran-tangki-pdip-usul-pertamina-twk-seluruh-pegawai
Foto kebakaran di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) malam, yang beredar melalui WhatsApp. (Sumber: ANTARA/WhatsApp/Andi)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) PDIP Komisi VII Dony Maryadi Oekon mengungkapkan, kecelakaan yang menimpa Pertamina sudah terjadi sebanyak 16 kali.

Jika dilihat ke belakang, dari tahun 2008 hingga 2021 telah terjadi sekitar 16 kecelakaan di kilang maupun di depo. Untuk yang terjadi di Cilacap itu sejak 2008 sampai hari ini sudah 7 kali, dan tahun ini sudah 2 kali kebakaran.

“Dari 16 kejadian, ada yang depo 3 kali kejadian, tapi rata-rata itu kejadian kecelakaan dari pekerjaan. Hari ini kita sangat concern sekali yang terjadi di Cilacap dan di Balongan sekali dan ketiganya terjadi karena alam atau petir," kata Dony di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (15/11/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Ia mengatakan adanya dugaan sabotase dalam peristiwa kebakaran di kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Untuk itu, peristiwa ini, menurutnya, harus diinvestigasi secara menyeluruh. Pasalnya, kebakaran yang terjadi ini menciptakan kerugian yang dibebankan kepada pemerintah.

Baca Juga: Polda Jateng Menduga Kebakaran Tangki di Kilang Minyak Pertamina Disebabkan Sambaran Petir

"Kalau lihat kilas ke belakang, kilang ini sudah dibangun dan memiliki langkah untuk pengamanan yang cukup tinggi. Kita betul-betul concern apakah ini karena alam atau human error atau sabotase karena bertubi-tubi terjadi di tahun ini," ujarnya.

Apabila ada sabotase, lanjutnya, entah dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu, maka tidak ada salahnya untuk menuntut Pertamina melakukan tes wawasan kebangsaan (TWK) tentang ideologi. TWK tersebut tak hanya berlaku bagi jajaran direksi dan komisaris.

"Jangan direksi dong, ke bawah itu semua mereka harus memiliki wawasan kebangsaan, ideologinya, itu tuntutan kita sebetulnya," katanya.

Sebelumnya, satu di antara tangki penyimpanan Pertalite milik PT Pertamina terbakar di kilang refinery unit atau RU IV Cilacap, Jawa Tengah. Kebakaran berada di tangki 36T102 sekira pukul 19.15 WIB, Sabtu (13/11/2021).

Pertamina menyebut tangki 36T102 memiliki volume 31 ribu hingga maksimal 39 ribu kiloliter dengan level 15,9-20 meter.

Sementara ini, menurut keterangan Pertamina, investigasi penyebab kebakaran masih berlangsung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x