Kompas TV regional peristiwa

Polda Jateng Menduga Kebakaran Tangki di Kilang Minyak Pertamina Disebabkan Sambaran Petir

Kompas.tv - 15 November 2021, 12:06 WIB
polda-jateng-menduga-kebakaran-tangki-di-kilang-minyak-pertamina-disebabkan-sambaran-petir
Foto kebakaran di kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) malam, yang beredar melalui WhatsApp. (Sumber: ANTARA/WhatsApp/Andi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

CILACAP, KOMPAS.TV - Polda Jawa Tengah masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran satu tangki pertalite di kilang minyak Pertamina, Cilacap, pada Sabtu (13/11/2021).

Hingga kini pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tangki tersebut. Dugaan sementara, Polisi menduga api muncul akibat dari sambaran petir.

"Untuk sementara menduga kebakaran akibat adanya induksi sambaran petir sehingga mengakibatkan kebakaran," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi seperti diwartakan Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Lebih lanjut, Lutfi menyatakan bahwa dugaan kebakaran yang disebabkan sambaran petir itu diperkuat dengan hasi pemeriksaan saksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: Anggota DPR Sebut Pertamina Sepelekan Perawatan Kilang Minyak Cilacap hingga Kembali Terbakar

Hal tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan pemeriksaan kepada lima orang saksi eksternal. Adapun soal unsur kelalaian atau kesengajaan dalam kebakaran, Polisi tidak menemukannya.

"Lima orang saksi eksternal mengatakan di TKP melihat hujan dan petir. Hal ini diperkuat pemeriksaan saksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," jelas Lutfi.

Saksi dari BMKG mengatakan kepada polisi bahwa sesaat sebelum kejadian terdapat dua titik petir dengan jarak masing-masing 45 kilometer dan 12 kilometer.

"Ini nanti akan kami perjelas dengan keterangan saksi ahli ahli terkait kekuatan petir. Bagaimana petir jarak jauh menimbulkan induksi," ujar Luthfi.

Selain itu, berdasarkan pemeriksaan CCTV di lokasi juga terlihat adanya kilatan cahaya.

"Kami melakukan pemeriksaa 7 CCTV, 2 CCTV telah kami pada pukul 19.10. WIB detik 40 didapat kilatan cahaya dalam hal ini petir. Selang berapa lama kemudian kebakaran," jelas Luthfi.

Diberitakan sebelumnya, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional RU Cilacap, Ifki Sukarya menyatakan kobaran api akibat terbakarnya tangki di Kilang Minyak Pertamina Cilacap sudah dipadamkan.

Pemadaman api secara total selesai pada pukul 07.45 WIB hari ini, Minggu (14/11/2021), dan dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB.

Baca Juga: Selidiki Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap, Polisi Terjunkan Tim Inafis dan Puslabfor



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x