Kompas TV nasional politik

Hasil Survei: Pemilih Jokowi Akan Pilih Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 15 November 2021, 09:33 WIB
hasil-survei-pemilih-jokowi-akan-pilih-prabowo-di-pilpres-2024
Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana Negara. (Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 lalu diprediksi akan mengalihkan pilihannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini diketahui dari hasil survei lembaga Indonesia Survey Center pada 7 hingga 21 Oktober 2021 di 34 provinsi yang tersebar di Indonesia. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 1.520 orang. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Harapan Panglima Baru, TNI Semakin Dekat dengan Rakyat

"Banyak pemilih pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 akan memilih Prabowo Subianto pada kontestasi 2024. Jumlahnya mencapai 22,7 persen," kata Peneliti Senior Indonesia Survey Center Chairul Ansari seperti dilansir dari Antara, Senin (15/11/2021). 

Ia menjelaskan, alasan pemilih Presiden Jokowi yang akan mendukung Menteri Pertahanan itu pada pesta demokrasi lima tahunan nanti karena yang bersangkutan dinilai memiliki kinerja yang baik selama menjadi pembantu presiden.

"Menurut kami, para pemilih Jokowi itu jatuh hati kepada Prabowo untuk 2024," kata dia.

Alasan lainnya ialah Prabowo dinilai sebagai sosok yang negarawan. Pertama, ia legowo menerima kekalahan di Pilpres 2019 lalu dan mau diajak masuk ke dalam koalisi pemerintahan. 

Baca Juga: Elektabilitas Anies di Atas Airlangga, Golkar: Kita Nggak Mau Menang di Survei, Tapi di Pilpres

Artinya, Prabowo dinilai lebih mengedepankan alasan-alasan kebangsaan dari pada kelompok. Kemudian, Jokowi dan Prabowo yang telah dua kali bersaing di Pilpres, tetap terlihat akrab. 

Hal ini tercermin dari sikap keduanya yang sering mengikuti agenda pemerintahan secara bersama-sama, termasuk agenda Kementerian Pertahanan.

"Kita bisa lihat bagaimana kedua tokoh ini terlihat begitu mesra dalam beberapa event pekerjaan. Bisa diartikan itu sebagai afirmasi Jokowi terhadap Prabowo," ujarnya.

Ia menyimpulkan dari hasil survei, mayoritas responden cenderung menjadi pemilih tetap Prabowo Subianto jika maju sebagai calon Presiden di Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei: Ada Tren Penurunan Kepuasan Publik terhadap Kinerja Pemerintah, Warning untuk Jokowi

"Para pemilih Prabowo memiliki basis dukungan lebih kokoh atau tidak labil dibanding pemilih kandidat lain," ujarnya.

Sebagai informasi, penelitian ini dilakukan menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error 2,5 persen dan level of confidence 95 persen.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x