Kompas TV nasional politik

Sebut Keluarganya Generasi Brimob, Prabowo: Paman Saya Anggota Polisi Istimewa, Cikal Bakal Brimob

Kompas.tv - 13 November 2021, 13:24 WIB
sebut-keluarganya-generasi-brimob-prabowo-paman-saya-anggota-polisi-istimewa-cikal-bakal-brimob
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) saat menghadiri acara penobatannya sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/11/2021). (Sumber: Korps Brimob Polri)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku memiliki darah keturunan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri dalam keluarganya.

Pengakuan tersebut disampaikan oleh Prabowo kala menghadiri penobatannya sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/11/2021).

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mengungkapkan, pamannya yang bernama Soebianto Djojohadikoesoema merupakan anggota Polisi Istimewa, cikal bakal Brimob pada 1945.

"Polisi istimewa adalah cikal bakal dari Brimob, jadi bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang Korps Brimob," kata Prabowo, dikutip dari rilis Korps Brimob Polri yang diterima KOMPAS TV, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga: Jubir Menhan: Pak Prabowo Punya Kontribusi untuk Brimob sehingga Jadi Warga Kehormatan

"Pak Soebianto itu yang mengawal Bung Karno. Beliau (Soebianto) bangga pernah mengawal Bung Karno dengan motor besar. Itu terkenalnya Soebianto kawal Sukarno ke mana-mana," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Prabowo memberikan apresiasi yang besar atas penganugerahannya sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob.

"Jadi mungkin (penobatan ini adalah) takdir, mungkin paman saya lihat dari atas. Hari ini, kebahagiaan bagi saya bahwa saya keponakan Polisi Istimewa, seorang Brimob," tuturnya.

Prabowo menambahkan, dalam sejarahnya, Polisi Istimewa merupakan angkatan bersenjata yang selalu berada di garda terdepan saat perjuangan kemerdekaan.

Baca Juga: Prabowo Subianto Dianugerahi Warga Kehormatan Brimob, Ini Pertimbangannya

"Mungkin tidak banyak yang tahu. (Dalam) sejarahnya, Polisi Istimewa itu selalu di depan, perang merebut kemerdekaan," terang mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tersebut.

Karenanya, Prabowo berharap, personel Brimob yang saat ini menjadi generasi penerus bangsa patutnya dapat menjaga tradisi gemilang dari Polisi Istimewa.

Terlebih, kehormatan tersebut dapat diraih berkat tetesan air mata, deraian peluh keringat, dan darah para pendahulu.

"Jagalah kehormatan yang baik. Saudara adalah andalan negara dan bangsa," tutup Prabowo.



Sumber : Korps Brimob Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x