Kompas TV religi beranda islami

Bisa Ditiru, Beginilah Ciri dan Amalan Orang yang Rezekinya Mengalir Deras

Kompas.tv - 13 November 2021, 10:35 WIB
bisa-ditiru-beginilah-ciri-dan-amalan-orang-yang-rezekinya-mengalir-deras
Ilustrasi rezeki. Inilah ciri dan amalan mereka yang rezekinya deras banget (Sumber: the digitalway/pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana rasanya memiliki rezeki yang mengalir deras? Ternyata, ada loh ciri orang yang seperti itu dan bisa ditiru.

Orang yang memiliki rezeki yang deras ini ternyata memiliki amalan yang sebenarnya biasa saja. Bahkan bisa ditiru hampir semua orang.

Sebab, memiliki banyak rezeki mengalir deras tentu saja merupakan harapan tiap insan manusia, tapi terkadang kita tidak pernah tahu apa yang membuat rezeki kita seret. Sebab sekali lagi, rezeki adalah urusan Allah.

Tugas manusia adalah berusaha, bekerja dan menjemput rezeki-Nya.  Dengan modal rezeki yang cukup, kita bisa mendermakan hidup kita untuk lebih banyak hal, menolong lebih banyak orang dan kita bisa dengan aman untuk ibadah tanpa bingung lagi soal duit. 

Nah, ini merupakan tiga ciri orang yang dikejar rezeki, sekaligus amalan mereka yang rezekinya mengalir deras tiada terputus.

Baca Juga: Awas! Jangan Lakukan 3 Kebiasaan Ini karena Bisa Hambat Rezeki, Banyak Orang Tak Menyadari

3 Amalan Rezeki Mengalir Deras

Pertama, Bersyukur

Orang yang gemar bersyukur ternyata termasuk orang yang bisa jadi nantinya rezekinya akan deras. Dalam surat Ibrahim Ayat 7 Allah SWT berfirman tentang seorang yang gemar bersyukur justru akan bertambah rezeki baginya.

“Dan (ingatlah juga), takkala Tuhanmu memaklumkan : sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatKu maka sesungguhnya azabku sangat pedih.”

Kedua, Gemar Bersedekah

Nah, ciri kedua ini ternyata bisa loh kita tiru. Allah pun berjanji, bagi mereka yang gemar bersedekah, maka rezeki tidak akan habis. Justru sebaliknya.

Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 216 : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir 100 biji Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dikehendaki dan Allah Maha luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui.”

Baca Juga: Zikir adalah Sedekah, Berikut Penjelasannya

Ketiga, Zikir Istigfar 

Bisa jadi salah satu penghambat rezeki datang dan mengejar kita adalah karena kita berdosa. Itulah alasan, kenapa beristighfar menjadi krusial. Memohon ampun kepada Allah adalah kunci agar rezeki kita tidak terhalang. 

Maka, perbanyaklah zikir istigfar, memohon ampunan kepada-Nya dalam setiap helaan nafas kita. Dalam QS Hud ayat 3, Allah berfirman yang artinya:

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadanya, (Jika kamu mengerjakan yang demikian) niscaya dia akan memberi nikmat yang baik terus menerus kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan, dan dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamannya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat".

Itulah tiga ciri mereka rezekinya mengalir deras. Yuk kita tiru amalan sederhana di atas.  Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x