Kompas TV religi beranda islami

Awas! Jangan Lakukan 3 Kebiasaan Ini karena Bisa Hambat Rezeki, Banyak Orang Tak Menyadari

Kompas.tv - 4 November 2021, 10:23 WIB
awas-jangan-lakukan-3-kebiasaan-ini-karena-bisa-hambat-rezeki-banyak-orang-tak-menyadari
Ilustrasi tidur memeluk boneka. Ada beberapa kebiasaan yang menghambat rezeki, apa saja? (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika anda sering melakukan tiga kebiasaan ini, mending mulai sekarang dihentikan atau paling tidak dikurangi. Tiga hal ini bisa jadi penghambat pintu rezeki.

Dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Imam az-Zarnuji disebutkan tentang beberapa kebiasan yang bisa menutup pintu rezeki. 

Kitab ini merupakan salah satu kitab yang paling banyak diajarkan dalam pesantren-pesantren di Indonesia dan berisi tentang etika, mulai dari soal mencari ilmu hingga urusan sehari-sehari seperti halnya rezeki.

Dalam kitab itu dijelaskan beberapa kebiasaan yang bisa jadi akan menjauhkan kita dari rezeki. Beberapa hal ini merupakan kebiasaan yang kebanyakan tidak disadari, tapi menjadi hal rutin dan biasa dilakukan di rumah.

Baca Juga: Membuka Pintu Rezeki Lebar-Lebar, Bacalah Zikir dan Doa Pagi Sebelum Berangkat Kerja

3 Kebiasaan Penghambat Rezeki

Pertama, tidur pagi

Pernahkah anda tidur pagi? Tampaknya hampir semua orang pernah melakukannya. Tidur pagi di sini yang dimaksudkan adalah, tidur lagi usai salat subuh. Hal ini dianggap dapat mengurangi jalannya pintu rezeki.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas pagi usai subuh, mulai dari zikir maupun doa ataupun aktivitas pagi lainnya semacam olahraga dan sejenisnya. Intinya, sebisa mungkin jangan tidur pagi hari.

Tentu saja hal ini pengecualian bagi mereka yang harus bekerja tengah malam dan baru dapat benar-benar tidur di pagi hari, seperti pekerja keamaan maupun kerjaan lain yang mengharuskan melek sepanjang malam.

Kedua, makan dalam keadaan junub

Nah, makan dalam keadaan tidak suci alias junub juga menjadi penghalang rezeki. Maka baiknya, Anda mandi terlebih dahulu atau bersuci baru kemudian makan. Sebab, dalam Islam, makanan adalah rezeki dan menyambutnya dalam keadaan hadas sebaiknya tidak dilakukan.

Baca Juga: Ini Urutan Mandi Wajib atau Mandi Junub untuk Laki-Laki dan Perempuan

Ketiga, membiarkan sampah berserakan mengotori rumah

Nah ini hal krusial lain yang tidak disadari. Kebiasaan sering membiarkan rumah dalam keadaan kotor ternyata juga dapat menghalangi rezeki. Hal ini, kata Syekh az-Zarnuji termasuk dalam keadaan mempersulit pintu rezeki.

Untuk itu, sering-seringlah bebersih rumah. Sebab bisa jadi, itu penghalang pintu rezeki yang akan datang ke rumah. 

Itulah tiga hal yang bisa jadi kebiasaan kita yang membuat pintu rezeki terhalang. Yuk mulai kita tinggalkan perlahan-lahan agar rezeki kita senantiasa mengalir deras. Amin. Wallahu a'am. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x