Kompas TV feature ngopi

Apa Langkah Pemerintah Untuk Terapkan Sistem Ekonomi Hijau (3) - NGOPI

Sabtu, 13 November 2021 | 08:34 WIB

Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Rasa optimis masyarakat Indonesia setelah dihempas gelombang pandemi sekian lama mulai terpampang di depan mata. Geliat ekonomi perlahan beranjak naik, pembatasan mobilitas warga dikit demi sedikit juga mulai dikikis.

Semua orang tentu berharap pandemi segera selesai. Jaga disiplin diri untuk terus hidup sehat jadi salah satu kunci.

Namun, bukan hanya pandemi saja musuh Indonesia saat ini.

Masih tetap ada saja catatan demi perbaikan. Bencana alam yang lekat dengan negeri katulistiwa ini masih jadi salah satu ancaman nyata.

Bagaimana tidak, ribuan bencana alam sudah terjadi sepanjang 2021 ini. Tidak bisa dipungkiri, hal ini terjadi karena kesalahan kita sendiri. Saat manusia lupa akan lingkungannya, mungkin sudah sewajarnya karma menimpa.

Kasus banjir di Malang contohnya. Peralihan lahan yang tak diperhatikan dengan semestinya, benar-benar memberi kemalangan bagi beberapa saudara kita yang tinggal di salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini.

Sesungguhnya, kita punya lembaga yang semestinya mampu mencegah perusakan lingkungan. Berbagai upaya pencegahan pun juga coba diinisiasi. Uji emisi salah satunya.

Tapi, masih saja banyak pihak menyoroti kemampuan serta determinasi yang mereka miliki. Belum lagi kasus cuitan yang viral belakangan.

Meski terlambat, tidak ada salahnya kok cari solusi supaya bumi nggak semakin mendengki

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x