Kompas TV regional berita daerah

Pergerakan Tanah Lima Rumah Rusak Berat Puluhan Terancam

Kompas.tv - 12 November 2021, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Beginilah fenomena pergerakan tanah yang terjadi di Desa Sukajadi, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi di rumah-rumah Warga di tiga kampung mengalami keretakan dibagaian tembok, dan satu rumah warga ambruk rata dengan tanah serta beberapa rumah lainya terpaksa harus ditinggalkan karena posisinya sudah miring. Selain rumah, akses jalan antar Kampung juga ikut terdampak sehingga terputus. Dari data pemerintah desa setempat, tercatat ada lima rumah mengalami rusak berat dan puluhan rumah terancam pergerakan tanah.

Warga yang rumahnya terdampak cukup parah terpaksa mengungsi kesanak sodaranya, sedangan puluhan Warga lainya tetap memilih untuk tinggal di rumahnya walau diselimuti rasa takut. 

Fenomena tanah bergerak ini diakibatkan karena kondisi tanah yang labil, yang berada di tengah tengah perbukitan terlebih, di Wilayah Cianjur Hujan seriap harinya turun. Tanah yang mengalami pergerakan dan anjlok hampir satu meter, warga berharap pemerintah kabupaten cianjur secepatnya bisa memberikan solusi, pasalnya, di desa ini bukan kali pertamanya terjadi pergerakan tanah, namun, fenomena tanah bergerak kali ini lebih parah dari tahun tahun sebelumnya dan membuat warga takut.

Sementara pemerintah desa menghimbau kepada masyarakat agar waspada, jika hujan turun malam hari, warga dihimbau untuk mengungsi ke kantor desa yang dijadikan tempat pengungsian sementara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x