Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika Hari Ini, Berikut 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Kompas.tv - 12 November 2021, 06:27 WIB
jokowi-resmikan-sirkuit-mandalika-hari-ini-berikut-5-fakta-menarik-yang-perlu-diketahui
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

LOMBOK, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurut rencana akan meresmikan Sirkuit Internasional Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari ini Jumat, 12 November 2021.

Dengan diresmikannya sirkuit berstandar internasional tersebut, event besar seperti World Superbike (WSBK) dapat segera diselenggarakan.

World Superbike rencananya digelar pada 19-21 November 2021. Per Kamis (11/11/2021) kebutuhan logistik para pebalap sudah tiba di Bandara Lombok.

Penting diketahui, Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca Juga: Kawal World Superbike di Sirkuit Mandalika, Korlantas Tambah Kendaraan Patroli

Penamaan sirkuit ini dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (7/10) lalu.

Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Namun pada masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Sirkuit yang dibangun di atas lahan hampir 100 hektar ini memiliki area paddock atau garasi untuk tim balap mencapai 40 garasi.

Telah siap menjadi lokasi balapan internasional, berikut sejumlah fakta menarik dari Pertamina Mandalika International Street Circuit:

1. Dapat Tiga Rekor Muri

Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak.

Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.

2. Disebut-sebut sirkuit terindah di dunia

Sirkuit Mandalika disebut-sebut salah satu sirkuit terindah di dunia karena berada di bibir pantai dan dikelilingi bukit hijau.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x