Kompas TV internasional kompas dunia

Abu Dhabi Dinobatkan sebagai Kota Musik UNESCO, Bergabung dengan Liverpool Jadi Kiblat Musik Dunia

Kompas.tv - 11 November 2021, 10:41 WIB
abu-dhabi-dinobatkan-sebagai-kota-musik-unesco-bergabung-dengan-liverpool-jadi-kiblat-musik-dunia
Ilustrasi konser musik di Abu Dhabi. Kota ini juga dinobatkan sebagai kota Musik dunia oleh UNESCO, bersanding dengan Liverpool dan kota lain dunia sebagai kiblat musik (Sumber: Visit Abu Dhabi)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Kota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) dinobatkan sebagai Kota Musik Dunia oleh organisasi pendidikan, keilmuan kebudayaan PBB  (UNESCO) tahun ini.

Penobatan ini terkait dengan  ekosistem musik yang tumbuh subur di kota itu dan menjadikan negara di Timur Tengah itu jadi tempat asyik untuk tumbuh-kembangnya jaringan kreativitas untuk segala jenis musik.

Abu Dhabi kini bersanding dengan kota-kota musik dunia lain yang dicanangkan UNESCO. Warga Abu Dhabi—dan Timur Tengah serta Arab secara umum—bisa dengan bangga karena bisa bersanding dengan Liverpool di Inggris, Sevilla di Spanyol, maupun Chennai di India sebagai kiblat musik dunia.

Di seantero Abu Dhabi, Anda bisa dengan mudah menyaksikan pelbagai orang membaca puisi dengan diringi music di jalanan, maupun pelbagai tempat konser ataupun wahana pertunjukkan yang menyajikan ragam music lokal, maupun kontemporer.

Dari pertunjukkan puisi tradisional hingga instrumen kuno, mulai dari musik modern hingga klasik, Abu Dhabi memiliki segalanya. Wisatawan atau penduduk lokal, baik tua maupun muda, bisa berbaur di kota ini menikmati keindahan musik.

“Kami punya warisan tradisi bermusik yang unik. Kami merayakan masa lalu, kenangan akan banyak hal, sambil terus membuka diri dan eksplorasi music kontemporer. Kami ingin memastikan, musik menjadi elemen penting bagi kehidupan warga Abu Dhabi,” papar Muhammad Al-Mubarak, kepala Departeman budaya dan turis Abu Dhabi, sebagaiman dikutip KOMPAS TV dari GulfNews, Kamis (11/11).

Baca Juga: Indonesia Bawa Komitmen Investasi Jumbo Rp457 T dari Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memang secara serius menjembatani Abu Dhabi sebagai kota yang penuh dengan keindahan musik. Mulai dari tradisional, music-musik arab hingga perpaduan antara music religi dengan modernitas.

Otoritas membuka lebar-lebar segala kemungkinan agar para wisatawan tidak sekadar datang ke Abu Dhabi untuk bisnis atau urusan lain, melainkan juga menikmati kota ini sebagai kiblat musik dunia.

Di sepanjang tahun, di Abu Dhabi juga terdapat banyak sekali konser musik yang terbuka untuk umum. Di samping itu, banyak program di sekolah maupun klub yang mempelajari musik sebagai bagian dari gaya hidup.

Hingga akhirnya, kota ini mendapatkan penobatan sebagai kota music. Sebuah jaringan kota kreatif yang berkesinambungan dan dianggap bakal menjadi mercusuar baru terkait musik dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x