Kompas TV nasional hukum

Kapolri Listyo Sigit Peringatkan Anak Buahnya: Tangani Kasus Jangan Tunggu Viral

Kompas.tv - 11 November 2021, 00:05 WIB
kapolri-listyo-sigit-peringatkan-anak-buahnya-tangani-kasus-jangan-tunggu-viral
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti keluhan masyarakat soal adanya anggapan bahwa polisi baru bergerak cepat menangani suatu kasus jika diviralkan terlebih dahulu di media sosial. (Sumber: Dok.Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyoroti keluhan masyarakat soal adanya anggapan bahwa polisi baru bergerak cepat menangani suatu kasus jika diviralkan terlebih dahulu di media sosial.

Menurut dia, stigma masyarakat yang demikian terhadap polisi perlu diubah atau bahkan dihapus. Caranya, jajaran Polri cepat bergerak dalam menangani suatu kasus atau laporan masyarakat.

Baca Juga: Reaksi Kapolri Listyo Sigit Soal Fenomena Polisi Kerap Melakukan Pelanggaran hingga Viral di Medsos

Demikian hal tersebut disampaikan Kapolri Listyo Sigit saat melantik sejumlah pejabat utama Mabes Polri dan 6 Kapolda di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Karena itu, ia meminta kepada jajarannya untuk memperbaiki kinerjanya, sehingga konsep Polri Presisi yang menjadikan anggota polisi prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan dapat berjalan sesuai harapan masyarakat.

"Jadi tolong ini diperbaiki. Tak harus viral, tapi masalah bisa cepat diselesaikan. Terjadi kebuntuan komunikasi, sehingga masyarakat menyampaikan keluhan dengan menggunakan medsos," kata Sigit pada Rabu (10/11/20221).

Lebih lanjut, Sigit mengatakan, jajarannya juga harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar dapat menunjukkan bahwa Polri saat ini jauh lebih baik sebagaimana dengan semangat konsep Presisi.

Baca Juga: Kapolri Minta Pejabat yang Baru Dilantik Mampu Menjawab Tantangan Terkini Terhadap Polri

"Perkembangan teknologi kita manfaatkan, sehingga profesionalisme dari kepolisian bisa terlihat. Bagaimana kita membangkitkan semangat anggota, manfaatkan teknologi biar semakin baik dan profesional,” ucapnya.

Untuk mempermudah dan mempercepat kinerja Polri, Sigit menyarankan kepada jajarannya untuk memanfaatkan sejumlah aplikasi yang telah diluncurkan. 

Itu seperti layanan Hotline 110, Propam Presisi, Dumas Presisi, Binmas Online Sistem (BOS), SKCK online, Pelayanan Masyarakat SPKT, Aduan SPKT, SP2HP online, dan masih banyak lagi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x