Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Bangga dan Apresiasi 4 Film Indonesia yang Raih Prestasi Internasional

Kompas.tv - 10 November 2021, 23:11 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menghadiri Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021) malam.

Sebagai pembuka pidatonya, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia, sebagai wujud apresiasi tertinggi untuk para pejuang kebudayaan.

“Pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sahkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail di Piala Citra FFI 2021

Presiden Jokowi lalu mengungkapkan rasa bangganya sekaligus mengapresiasi para insan perfilman nasional yang walaupun berkarya di masa pandemi Covid-19, tetap mampu meraih prestasi di dunia film internasional.

“Saya bangga, di masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia tenggara,” ungkapnya.

Empat film yang meraih prestasi di tingkat dunia tersebut adalah; Edwin dengan film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”, yang menjadi pemenang Golden Leopard Locarno Film Festival.

Baca Juga: Film Penyalin Cahaya Raih 17 Nominasi FFI 2021: Angkat Isu Kekerasan Seksual, Tayang di Netflix 2022

Lalu ada Kamila Andini melalui karya “Yuni” yang memenangkan Platform Prize Toronto Internasional Film Festival.

Kemudian ada juga Tumpal Tampubolon, melalui karya “Laut Memanggilku” yang memenangkan Sonje Awards Busan International Film Festival.

Terakhir ada Monika Tedja, melalui karya “Dear to Me”, yang memenangkan Junior Jury Award, Special Mention Open Doors Shorts Locarno Film Festival.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x