Kompas TV nasional gaya hidup

Hati-hati Saat Suntik Immune Booster, Dokter: Konsumen Berhak Tahu Isi Kandungan

Rabu, 10 November 2021 | 06:24 WIB
hati-hati-saat-suntik-immune-booster-dokter-konsumen-berhak-tahu-isi-kandungan
Ilustrasi - Suntik vitamin atau immune booster (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TVImmune booster mempunyai kandungan yang berisi vitamin atau multivitamin yang berisi vitamin B, D, asam folat, vitamin E, dan vitamin lainnya dalam bentuk injeksi ataupun oral dengan dosis sesuai angka kebutuhan gizi setiap orang.

Hal ini dijelaskan oleh Pakar kesehatan bidang anti-aging lulusan Universitas Udayana, dr. Cynthia Jayanto. M. Biomed (AAM)

Ia mengatakan, immune booster bisa didapat dari penyuntikan secara langsung, infus ataupun oral demi menjaga kondisi kesehatan khususnya saat pandemi Covid-19.

Melihat dari segi keamanan, mengenai  prosedur suntik memang ada kemungkinan risiko lebam setelah penyuntikan pada pembuluh darah yang sulit serta ada resiko emboli udara apabila tidak sesuai protokol.

Sementara, dari sisi khasiat, vitamin melalui suntik tidak bertahan lama dibanding jika melalui infus.

“Bila melalui suntikan, vitamin diproses melalui lambung, hati serta ginjal. Sebagian bisa langsung terbuang melalui urine,” jelas Cynthia yang juga pemilik Cyn Clinic melalui siaran persnya, Selasa  (9/11/2021).

Sedangkan apabila melalui infus, didalamnya ada cairan natrium klorida. Multivitamin tersebut akan berikatan natrium klorida yang merupakan cairan mineral garam.

Garam tersebut bersifat menyimpan cairan di tubuh. Oleh karena itu, harapannya multivitamin yang terikat dengan larutan garam tersebut akan lebih bertahan lama di tubuh.

Baca Juga: 9 Vitamin dan Mineral Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Immune booster, menurut Cynthia, menjadi pilihan karena tidak semua orang memiliki tingkat kepatuhan meminum oral suplemen vitamin teratur dan tertib, sehingga sejumlah klinik, termasuk klinik miliknya yang mengakomodir kebutuhan dalam bentuk infus vitamin.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

Sumber : Antara



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19