Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

9 Vitamin dan Mineral Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 6 November 2021, 05:45 WIB
9-vitamin-dan-mineral-terbaik-untuk-kesehatan-tubuh
Ilustrasi. Suplemen dapat digunakan untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Suplemen dapat digunakan untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Meskipun yang terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dari makan makanan yang seimbang, suplemen dapat memberi dorongan pada tubuh Anda.

“Vitamin memainkan peran latar belakang dalam tubuh kita,” kata ahli diet Kate Patton, MEd, RD, CCSD, LD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Kita membutuhkan vitamin untuk memecah makronutrien seperti karbohidrat, lemak dan protein dan membantu fungsi tubuh.”

Diperkirakan sekitar setengah dari orang dewasa di Amerika Serikat (AS) mengkonsumsi beberapa jenis vitamin atau suplemen mineral.

"Orang-orang mungkin mengonsumsi suplemen jika mereka tahu mereka kehilangan sejumlah makanan tertentu," kata Patton.

Baca Juga: Buah Nenas Diolah Menjadi Minuman Bervitamin

“Orang lain mungkin mengonsumsi suplemen untuk manfaat antioksidan atau karena mereka tahu mereka tidak makan buah dan sayuran. Beberapa orang mungkin memiliki kekurangan yang sebenarnya.”

Kebutuhan vitamin setiap orang berbeda, jadi sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli diet sebelum mulai mengonsumsi suplemen.

Dokter dapat membantu memutuskan produk mana yang akan diambil. Dokter dan apoteker juga dapat memberi tahu jika suplemen akan berinteraksi buruk dengan obat apa pun yang sedang dipakai, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin dan mineral adalah asupan harian rata-rata yang dibutuhkan seseorang untuk menghindari kekurangan dan tetap sehat.

Pria dan wanita sering memiliki rekomendasi vitamin dan mineral yang berbeda.

Ada berbagai cara untuk mengukur RDA. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan biasanya diukur dalam dosis miligram dan mikrogram.

Ada 1.000 mikrogram dalam 1 miligram. Setiap vitamin dan mineral memiliki RDA tertentu.

Inilah vitamin dan mineral yang harus dipertimbangkan untuk dikonsumsi.

1. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak juga dikenal sebagai retinol. RDA vitamin A adalah 700 mikrogram untuk wanita dan 900 mikrogram untuk pria. Vitamin A ada dalam banyak produk susu dan buah-buahan dan sayuran berwarna kuning atau oranye.

“Buah-buahan seperti melon, mangga, dan aprikot adalah pilihan yang baik,” kata Patton.

Manfaat vitamin A di antaranya membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan pengelihatan, kesehatan jantung, paru-paru dan ginjal, menjaga kulit tetap sehat dengan melawan racun (juga disebut radikal bebas), serta memperkuat tulang dan gigi.

2. Vitamin B

Ada delapan vitamin B, yang membentuk vitamin B kompleks, dengan berbagai RDA. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan RDA vitamin B dalam nutrisi harian mereka.

Di Amerika, banyak sereal, tepung, roti, dan pasta secara rutin diperkaya dengan vitamin B untuk meminimalkan risiko defisiensi. Vitamin B terdapat dalam sayuran berdaun hijau, protein hewani, dan biji-bijian.

“Mayoritas vitamin B digunakan untuk mengubah makanan menjadi energi,” kata Patton.

“Dan juga banyak digunakan untuk pertumbuhan, perkembangan dan pembentukan sel.”

Manfaat vitamin B di antaranya mempertahankan fungsi otak dan memori,dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, meningkatkan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta diperlukan untuk produksi sel darah normal dan fungsi sistem saraf.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang mengandung antioksidan yang mendorong pertumbuhan jaringan yang sehat. RDA untuk pria adalah 90 miligram dan 75 miligram untuk wanita. Vitamin C dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran.

“Vitamin C membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas,” kata Patton. "Ini juga digunakan untuk membantu membuat kolagen di tubuh Anda."

Manfaat vitamin C di antaranya mengurangi risiko terkena flu, menjaga kesehatan kulit dan jaringan, memperkuat tulang dan gigi, membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.



Sumber : Cleveland Clinic

BERITA LAINNYA



Close Ads x