Kompas TV internasional kompas dunia

Komputer Pertama Apple yang Bersejarah Asli Buatan Tangan Steve Jobs dan Steve Wozniak Dilelang

Selasa, 9 November 2021 | 15:14 WIB
komputer-pertama-apple-yang-bersejarah-asli-buatan-tangan-steve-jobs-dan-steve-wozniak-dilelang
Komputer asli Apple, buatan tangan pendiri perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak 45 tahun lalu, dilelang di Amerika Serikat hari Selasa (09/11/2021). Komputer itu disebut Chaffey College Apple-1, salah satu dari hanya 200 yang dibuat oleh tangan Steve Jobs dan Steve Wozniak. (Sumber: Fontana Herald News)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Komputer asli Apple, buatan tangan pendiri perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak 45 tahun lalu, dilelang di Amerika Serikat hari Selasa (09/11/2021) seperti dilansir Straits Times.

Apple-1 yang masih berfungsi itu adalah kakek buyut dari Macbook Pro. Satu set komputer itu diperkirakan akan terlelang hingga 600.000 dollar AS di California.

Komputer itu disebut "Chaffey College" Apple-1, salah satu dari hanya 200 yang dibuat oleh tangan Steve Jobs dan Steve Wozniak pada awal pengembaraan Apple Computer dari garasi hingga menjadi raksasa dunia senilai 2 triliun dollar AS saat ini.

Yang membuat komputer ini istimewa dan jauh lebih langka adalah, komputer itu terbungkus dalam kayu koa, kayu asli Hawaii yang kaya akan corak. Hanya segelintir dari 200 komputer Apple asli yang dibuat dengan cara ini.

Apple-1 sebagian besar dijual sebagai komponen oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Salah satu toko komputer yang memesan sekitar 50 unit memutuskan untuk membungkus beberapa di antaranya dengan kayu, kata rumah lelang tersebut.

"Ini semacam cawan suci atau holy grail elektronik antik dan kolektor teknologi komputer," kata pakar Apple-1 Corey Cohen kepada Los Angeles Times. "Itu benar-benar membuatnya menarik bagi banyak orang."

Rumah lelang John Moran Auctioneers mengatakan, perangkat yang dilengkapi dengan monitor video Panasonic 1986, hanya pernah dimiliki oleh dua orang.

"Ini awalnya dibeli oleh seorang profesor elektronik di Chaffey College di Rancho Cucamonga, California, yang kemudian menjualnya kepada muridnya pada tahun 1977," kata sebuah daftar di situs web rumah lelang.

Baca Juga: Apple Pernah Ancam Hapus Facebook dan Instagram karena Jual Beli Pembantu di Timur Tengah

Komputer asli Apple, buatan tangan pendiri perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak 45 tahun lalu, dilelang di Amerika Serikat hari Selasa (09/11/2021) . Komputer itu disebut Chaffey College Apple-1, salah satu dari hanya 200 yang dibuat oleh tangan Steve Jobs dan Steve Wozniak. (Sumber: John Moran Auctioneers)

The Los Angeles Times melaporkan, siswa yang tidak disebutkan namanya itu hanya membayar 650 dollar AS pada saat itu.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV/Straits Times via AFP


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19