Kompas TV nasional aiman

Tes PCR Hanya Rp 10 Ribu? (4) - AIMAN

Selasa, 9 November 2021 | 10:10 WIB

KOMPASTV - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan ujungnya, bisnis PCR jadi sorotan di tanah air. Belakangan, sejumlah nama petinggi negeri, di antaranya Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir, terseret dan dilaporkan ke KPK oleh sekelompok orang yang tergabung dalam PRIMA (Partai Rakyat Indonesia Adil Makmur).  Meski, baik pihak Luhut mapun Erick membantah telah berbisnis soal PCR.

Luhut dalam Instagram Pribadinya mengatakan, tidak menerima keuntungan dari perolehan perusahaan yang terkait pendapatan Laboratorium PCR. Sementara Pihak Erick Thohir, melalui Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengungkapkan tidak terkait sama sekali dengan perusahaan milik kakak kandungnya, Garibaldi Thohir yang tergabung dalam solidaritas bisnis Lab PCR.

Memang keuntungan perputaran bisnis Lab PCR ini ditengarai luar biasa. Jumlahnya pun tidak main-main. Kurun waktu Oktober 2020 hingga Agustus 2021, angkanya mencapai 10 Triliunan rupiah, menurut data ICW bersama Koalisi Masyarakat Sipil.

Lantas, benarkah harga PCR di tanah air terlalu tinggi? Berapakah biaya pengujian yang sesungguhnya? Aiman Witjaksono menemui sejumlah narasumber. Menguak dan membeberkan faktanya.

Aiman menemui Redaktur Pelaksana Majalah Tempo, Stefanus Pramono. Dari mana Majalah Tempo memperoleh fakta keterlibatan dua menteri dalam pusaran bisnis tes PCR? Dan benarkah aturan bepergian yang mengharuskan hasil tes PCR yang dikeluarkan pemerintah beberapa pekan lalu adalah untuk menyelamatkan sejumlah reagen jelang kedaluwarsa?

Aiman juga mewawancarai Immanuel Ebenezer, Ketua Jokowi Mania, dan Irvan Pulungan, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP). Apa yang terjadi sesungguhnya?

Apakah berselancar di atas badai pandemi dan mencari untung adalah sebuah kejahatan pidana?

Terakhir, Aiman berbincang dengan Sekjen Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan & Laboratorium, Randy Teguh. Aiman mencari informasi lebih dalam soal bisnis ini. Benarkah harga tes PCR bisa ditekan jauh lebih rendah dari ketentuan harga yang diterapkan saat ini? Bagaimana hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan?

Simak tayangan lengkap AIMAN, dalam SIAPA UNTUNG BESAR, DI BALIK TES PCR?

 

Penulis : Anas Surya

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19