Kompas TV internasional kompas dunia

Tersangka Akui Bujuk Korban ke Sebuah Rumah terkait Pembunuhan 4 Perempuan di Afghanistan

Kompas.tv - 6 November 2021, 21:55 WIB
tersangka-akui-bujuk-korban-ke-sebuah-rumah-terkait-pembunuhan-4-perempuan-di-afghanistan
Para perempuan berunjuk rasa menuntut hak yang lebih baik bagi perempuan di depan bekas Kementerian Urusan Perempuan di Kabul, Afghanistan, Minggu (19/9/2021). Dua orang tersangka terkait pembunuhan seorang perempuan aktivis dan tiga perempuan lainnya yang mayatnya ditemukan di sebuah rumah di utara Afghanistan pada pekan lalu, telah ditangkap. (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

KABUL, KOMPAS.TV – Dua orang tersangka terkait pembunuhan seorang perempuan aktivis dan tiga perempuan lainnya yang mayatnya ditemukan di sebuah rumah di utara Afghanistan pada pekan lalu, telah ditangkap.

Penangkapan dua tersangka itu diungkap seorang pejabat keamanan senior Taliban dan rekan perempuan aktivis itu, Sabtu (6/11/2021).

“Para tersangka mengaku telah membujuk para perempuan itu ke sebuah rumah di Kota Mazar-i-Sharif,” tutur juru bicara Kementerian Dalam Negeri Taliban Sayed Khosti dalam sebuah rekaman video yang diunggah di Twitter, seperti dilansir dari Associated Press

Baca Juga: Empat Perempuan Ditemukan Tewas di Afghanistan Utara, Seorang di Antaranya Aktivis

Namun, Khosti tak menjelaskan apakah para tersangka juga telah mengakui telah membunuh para perempuan itu.

Dia juga tak mengungkap motif pembunuhan maupun identitas para korban.  

“Kasus ini sedang dibawa ke pengadilan,” imbuhnya.

Salah seorang korban tewas adalah Frozan Safi (24), menurut sebuah pusat kebudayaan setempat tempat korban bekerja.

Safi, seorang aktivis hak-hak perempuan, nyaris putus asa hendak angkat kaki dari Afghanistan. Safi mengkhawatirkan masa depannya di bawah pemerintahan Taliban yang keras. 

“Dia juga ingin bergabung dengan tunangannya, seorang aktivis juga, yang telah meninggalkan Afghanistan sebelumnya,” ujar Sayed Azim Sadat, direktur Pusat Kebudayaan Zainuddin Mohammad Babar.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x