Kompas TV nasional sosial

Resmikan GKI Puri Indah, Anies: Hari Ini akan Hadir Penyebar Kedamaian untuk Jakarta dan Indonesia

Kompas.tv - 6 November 2021, 20:24 WIB
resmikan-gki-puri-indah-anies-hari-ini-akan-hadir-penyebar-kedamaian-untuk-jakarta-dan-indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani prasasti peresmian gedung Gereja Kristin Indonesia (GKI) Puri Indah, Sabtu (6/11/2021). (Sumber: Humas Pemprov DKI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat, Sabtu (6/11/2021).

Dalam sambutannya Anies menekankan sedari awal Pemprov DKI Jakarta selalu berkomitmen dan berikhtiar menghadirkan keadilan dan kesetaraan, termasuk kesetaraan dalam hak beribadah dengan tenang dan nyaman. 

Hal itu merupakan wujud nyata dari Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka merupakan anugerah Tuhan, sedangkan manunggal adalah ikhtiar Pemprov DKI membangun kesetaraan. 

Baca Juga: Kebon Pala Terendam Banjir Selama 3 Hari, Anies: Kami Akan Terus Evaluasi

"Di tempat ini adalah menunjukkan persatuan Indonesia, kita rasakan kesetaraan, kebersamaan dan ini kita perlu dorong terus bahwa kita semua memiliki keinginan untuk menjaga. Dan, saya perlu sampaikan, rasa persatuan harus dirawat dengan memberikan keadilan, kesetaraan, kesamaan dalam kesempatan dan itu adalah komitmen kita di Jakarta,” ujar Anies dalam keterangan tertulisnya. 

Anies juga mengapresiasi GKI Puri Indah telah memikirkan konsep bangunan yang ramah lingkungan, sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. 

Seperti penyediaan kolam tampung bawah tanah yang berguna apabila terjadi genangan di kawasan tersebut.

Ia menilai penyediaan kolam tampung bawah tanah tersebut merupakan perspektif panjang yang dapat bermaanfaat bagi generasi penerus, jemaat dan lingkungan.  

Baca Juga: Lakukan Penyegaran, Anies Resmi Ganti Dirut LRT Jakarta Wijanarko

“Sehingga dapat membuat anak-cucu kita berkata bahwa generasi sebelum kami telah memikirkan konsep bangunan masa depan yang ramah lingkungan, maka kami apresiasi gereja ini yang memenuhi hal tersebut. Terlebih, gereja ini juga memiliki manfaat untuk lingkungan, ketika terjadi bencana, gereja ini dapat hadir memberikan peran,” ujar Anies.

Lebih lanjut, ucapkan selamat kepada semua yang bekerja untuk membangun GKI Puri Indah sebagai sebuah tempat dalam ikhtiar menjaga iman serta menjaga kesalihan di Jakarta.

"Kita berada di GKI hari ini membawa sebuah pesan pada semua tempat bahwa hari ini akan hadir penyebar kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta dan Indonesia,” ujar Anies.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Hingga Gereja Katedral, Bentuk Nyata Agama Pengaruhi Cara Pandang Perubahan Iklim

GKI Puri Indah dibangun di atas tanah fasos fasum yang disewa dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak September 2014, dengan masa sewa yang sudah diperpanjang sampai September 2024 melalui SK Gubernur DKI Jakarta yang ditandatangani oleh Gubernur Anies pada tanggal 9 April 2019. 

Sementara itu, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk gedung GKI Puri Indah diterbitkan pada tanggal 26 Mei 2017 dan Gedung GKI Puri Indah telah memperoleh Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pada tanggal 7 Januari 2021.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x