Kompas TV regional berita daerah

Cuaca Buruk di Laut Selatan Membuat Harga Ikan Laut Naik

Kompas.tv - 6 November 2021, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Harga ikan segar di tempat pelelangan ikan puger Kabupaten Jember Jawa Timur naik drastis. Kenaikan harga terjadi karena berkurangnya pasokan ikan laut saat cuaca buruk melanda laut selatan Jember.

Kenaikan harga ikan segar di tempat pelelangan ikan Kecamatan Puger, Kabupaten Jember terjadi sejak sepekan terakhir. Kenaikan harga berkisar antara 3 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Harga Cabai dan Sayuran di Pasar Tradisional Naik

Untuk ikan segar tuna naik 20 ribu dari harga 18 ribu rupiah. Ikan tongkol tuna naik 20 ribu dari 16 ribu rupiah. Ikan cumi naik dari harga 50 ribu menjadi 60 ribu rupiah. Kenaikan tertinggi terjadi pada udang laut, yang saat ini mencapai 100 ribu dari harga 80 ribu rupiah.

Kenaikan terjadi karena pasokan ikan segar dari nelayan menurun selama cuaca buruk terjadi. Banyak nelayan tidak melaut karena angin kencang dan gelombang tinggi.

Salah satu pedagang ikan, Turi'ah mengatakan bahwa untuk memenuhi permintaan, pedagang terpaksa mendatangkan ikan dari luar, seperti Probolinggo, Pasuruan dan Situbondo sehingga harganya lebih mahal.

Naiknya harga ikan laut membuat pembeli harus mengurangi jumlah pembelian agar tetap bisa berhemat di masa pandemi.

Baca Juga: Cuaca Buruk Melanda Laut Selatan, Harga Ikan Laut di Puger Naik

Cuaca buruk di perairan laut selatan Jember diperkirakan akan terjadi hingga dua pekan mendatang bersamaan dengan awal musim hujan.

#CuacaBuruk #IkanLaut #PelabuhanPuger



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x