Kompas TV nasional peristiwa

Profil PT GSI Milik Luhut yang Berbisnis PCR, Punya Lab Modern dan Beroperasi Tanpa Libur

Kompas.tv - 6 November 2021, 10:22 WIB
profil-pt-gsi-milik-luhut-yang-berbisnis-pcr-punya-lab-modern-dan-beroperasi-tanpa-libur
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Nama Luhut disebut-sebut berbisnis tes PCR melalui PT Genomik Solidaritas Indonesia atau PT GSI.(Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi sorotan karena disebut-sebut berbisnis tes PCR.

 

Purnawirawan jenderal itu berbisnis PCR melalui PT Genomik Solidaritas Indonesia atau PT GSI, yang juga tengah menjadi sorotan publik.

Baca Juga: Jokowi Mania: PT GSI Sudah 7 Kali Ubah Akta untuk Samarkan Bisnis PCR

Di PT GSI, Luhut diketahui memiliki saham secara tak langsung melalui dua perusahaan tambang yang terafiliasi dengannya, yakni PT Toba Sejahtera dan PT Toba Bumi Energi.

PT GSI merupakan perusahaan baru. Perusahaan itu didirikan tak lama setelah pandemi Covid-19 menerjang Indonesia pada 2020.

Sejumlah pengusaha besar lantas patungan untuk membentuk perusahan bernama PT GSI tersebut.

Selain Luhut, ada nama lain yang juga menjabat sebagai menteri turut disebut berbisnis soal tes PCR. Ia adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Sorotan Berita: Bisnis PCR Luhut, Kemenhub Soal Bandara Halim, Polisi Interogasi Sopir Vanessa Angel

Erick Thohir namanya juga dikaitkan dalam kepemilikan saham di PT GSI. Sebab, ada Yayasan Adaro yang ternyata menjadi salah satu pemegang saham di perusahaan itu.

Adapun Adaro merupakan perusahaan raksasa tambang batubara milik Garibaldi Thohir yang tak lain merupakan kakak Erick Thohir. 

Selain Toba Sejahtera dan Adaro, pemegang saham lainnya adalah Grup Indika milik Arsjad Rasjid yang kini menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Dilansir dari Kompas.com, PT GSI diketahui menjalankan bisnis utama dengan menyediakan tes PCR dan swab antigen.

Baca Juga: Erick Thohir dan Luhut Binsar Pandjaitan Dilaporkan ke KPK Soal Dugaan Bisnis PCR

Sebagai pemain besar, PT GSI bahkan bisa melakukan tes PCR sebanyak 5.000 tes per hari. 

Perusahaan tersebut juga memiliki laboratorium yang terbilang sangat modern. Perusahaan ini membuka laboratorium tes PCR berstandar Biosafety Level (BSL) 2+.

Laboratorium GSI Lab ini dirancang untuk dapat memberikan pelayanan tes PCR yang tidak hanya berskala masif, tetapi juga memberikan hasil tes yang lebih cepat.

PT GSI membuka jasa layanan PCR dan antigen di lokasi laboratoriumnya yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Luhut Tegaskan Tidak Pernah Ambil Untung dari Bisnis PCR GSI, Justru Beri Bantuan



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x