Kompas TV tekno internet

Hati-hati Wifi Dibobol Kaum "Fakir Wifi", Ini Tips Mencegahnya

Kompas.tv - 4 November 2021, 15:28 WIB
hati-hati-wifi-dibobol-kaum-fakir-wifi-ini-tips-mencegahnya
Ilustrasi pengamanan wifi agar tidak mudah dibobol. (Sumber: Dittipidsiber Polri)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pembobolan wifi bisa menyebabkan koneksi internet lambat dan menghabiskan kuota internet. Apalagi jika anda menggunakan wifi untuk transaksi keuangan online, bisa saja data pribadi Anda dicuri. 

Mengutip laman media sosial resmi Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri, @ccicpolri, berikut adalah tips agar wifi tidak mudah dibobol para "fakir wifi":

1. Masuk ke halaman pengaturan router 

Pertama, masuklah ke halaman setting wifi agar tidak bisa dibobol. Halaman router ini membantu menunjukkan kamu untuk mengetahui cara mengatur router nirkabel pada wifi.

Baca Juga: Waspada! Ini 3 Modus Pencurian Data Pribadi di Sektor Keuangan

Setiap vendor perusahaan jaringan wifi memiliki cara yang berbeda-beda. Contohnya pada wifi merk TP-link, anda tinggal mengetik deretan angka IP address internet gateway atau ketik "tplinkWifi.net" pada halaman browser. Kemudian masukkan nama pengguna dan password yang anda gunakan. 

2. Pasang password yang unik

Setelah masuk pada halaman utama, hal pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah mengganti password wifi. Kombinasikan password antara angka, huruf, dan karakter. Minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. 

Dengan begitu, password wifi yang anda miliki akan sulit dibobol pihak lain.

3. Gunakan teknologi password terbaru dengan WPA2

Cara agar wifi tidak dibobol maling selanjutnya adalah gunakan beberapa metode enkripsi.Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel yaitu WEP, APA, dan WPA2. Enkripsi standar untuk wifi yang aman adalah WPA2.

Baca Juga: Isi Rekening Tiba-tiba Hilang? Simak Tips Aman Transaksi Perbankan dari OJK

4.Matikan fitur WPS pada pengaturan wireless router 

WPS merupakan cara alternatif untuk tersambung pada wifi tanpa menggunakan password. Jadi, sekuat apapun password yang anda gunakan tetap saja bisa dibobol apabila fitur WPS masih aktif. Selain itu, ada beberapa software yang bisa membaca fitur WPS.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x