Kompas TV nasional hukum

Buronan KKB Anak Buah Egianus Kogoya Ditangkap, Ini Catatan Kriminalnya

Kompas.tv - 3 November 2021, 15:27 WIB
buronan-kkb-anak-buah-egianus-kogoya-ditangkap-ini-catatan-kriminalnya
Ilustrasi: pelaku tersangka borgol penjara tangkap (Sumber: Think Stock)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Aparat keamanan menangkap Yentinus Kogoya (YK), seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (2/11/2021).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal menyebut, YK masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus pembunuhan empat pekerja bangunan di Distrik Seradala, pada 25 Juni 2021.

"Ini hasil pemeriksaan awal setelah aparat gabungan TNI/Polri pada hari Selasa (2/11) sekitar pukul  11.02 WIT menangkap yang bersangkutan," ujar Kombes Pol Ahmad Kamal seperti dilansir dari Antara, Rabu (3/11/2021).

Kamal menjelaskan bahwa penangkapan YK ketika aparat keamanan gabungan berpatroli di Dekai, atau setelah polisi mendapat informasi bahwa seorang DPO dari KKB Nduga sedang berada di kota.

Baca juga: Polri Cium Penembak Brimob di Yahukimo, Diduga KKB Pimpinan Tendius Gwijangge

Pada saat ditangkap di Jalur 3 Paradiso, Dekai, Kabupaten Yahukimo, YK sedang berboncengan dengan rekannya, Benius Giban (19) yang tengah hendak membeli bensin.

Kamal menambahkan, YK merupakan anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya yang berperan sebagai penerjemah, penghubung, dan bermain dalam media sosial.

Ia juga diduga terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

"Tersangka Yentius Kogoya diduga terlibat sejumlah aksi kekerasan di Kabupaten Yahukimo, termasuk kasus pembunuhan yang menyebabkan empat orang meninggal dan dua orang lainnya terluka," kata Kamal.

Baca juga: 2 Polisi Diduga Jual Amunisi ke KKB, Kompolnas: Pengkhianatan NKRI dan Polri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x