Kompas TV nasional peristiwa

Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Andika Perkasa Punya Harta Rp 179 Miliar

Kompas.tv - 3 November 2021, 14:44 WIB
jadi-calon-tunggal-panglima-tni-andika-perkasa-punya-harta-rp-179-miliar
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa dipilih Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa dipilih Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun. Penunjukan Andika diketahui dari surat presiden (surpres) yang diterima Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rabu (3/11/2021).

Adapun supres penunjukan Andika diberikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI. Puan menegaskan, hanya ada satu nama yang diusulkan Jokowi dalam supres itu.

"Karena itu, pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Prakasa," kata Puan.

Andika Perkasa sebagai penyelenggara negara yang kemudian akan berpeluang besar menduduki jabatan Panglima TNI ini diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaan yang dimiliki.

Baca Juga: Andika Perkasa Diusulkan Jadi Panglima TNI, Ini Daftar Pertanyaan Fit and Proper Testnya

Berdasarkan data yang diakses Kompas.tv dalam situs web elhkpn.kpk.go.id, Andika pertama kali melaporkan LHKPN pada 20 Juni 2021 dengan kekayaan total Rp 179.996.172.019.

Andika tercatat memiliki 20 aset berupa tanah dan bangunan dengan total senilai Rp 38.164.250.000 yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bogor, Cianjur, Sleman, Surabaya, Bantul, Tabanan, dan Bandar Lampung.

Tidak hanya di Indonesia, calon Panglima TNI kelahiran Bandung, pada 21 Desember 1964 ini juga memiliki aset tanah dan bangunan yang berlokasi di Allen Street Pyrmont di Australia, Cedar Croft Lane Bethesda MD 206814 di Amerika Serikat, dan 9 Alloway Court Potomac MD 20854 di Amerika Serikat.

Selain itu, Andika juga tercatat memiliki dua kendaraan berupa mobil bermerek Land Rover Sport dan Mercedes-Benz Sprinter senilai Rp 2.600.000.000 dan harta bergerak lainnya sebesar Rp 10.100.000.000.

Selain itu, Andika juga memiliki surat berharga senilai Rp 2.146.000.000 serta kas dan setara kas sebesar Rp 126.985.922.019. Dalam LHKPN-nya, KSAD tercatat tidak memiliki utang sehingga total kekayaannya mencapai Rp 179.996.172.019.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun pada November 2021, setelah berusia 58 tahun pada 8 November. 

Komisi I DPR RI bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada calon panglima yang ditunjuk oleh Jokowi.

Baca Juga: Mengapa Jokowi Pilih Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI?

"Hasil fit and proper test dilaporkan ke pimpinan DPR dan DPD dan DPR nanti akan berkirim surat kepada bapak presiden itu," ujarnya. 

Diketahui, isu pergantian panglima TNI pun telah menjadi pusat pembicaraan sejak lama. Sebelumnya ada dua nama yang digadang-gadang akan menjadi penerus kepemimpinan Hadi. Dua orang itu adalah Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.



Sumber : Kompas TV/elhkpn


BERITA LAINNYA



Close Ads x