Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Stres Picu Timbul Eksim, Ini 6 Tips Mencegahnya

Kompas.tv - 2 November 2021, 16:48 WIB
stres-picu-timbul-eksim-ini-6-tips-mencegahnya
Ilustrasi Eksim. Saat terjangkit eksim, kulit mungkin terlihat merah atau iritasi, muncul seperti bercak atau benjolan bersisik, kasar, atau menjadi kering dan gatal. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Penyakit kulit eksim merupakan salah satu kondisi yang cukup banyak dialami oleh masyarakat. Eksim adalah suatu bentuk dermatitis, yang berarti peradangan kulit, dan membuat kulit lebih sensitif.

Saat terjangkit eksim, kulit mungkin terlihat merah atau iritasi, muncul seperti bercak atau benjolan bersisik, kasar, atau menjadi kering dan gatal.

Dilansir Cleveland Clinic, spesialis kedokteran keluarga, Saadia Hussain, MD, menyebut stres adalah salah satu penyebab utama eksim kambuh.

“Anda mungkin akan menemukan stres sebagai faktor umum,” kata Saadia Hussain, MD.

"Sesuatu sedang terjadi dalam hidup Anda pada saat eksim mungkin paling buruk."

Dokter telah lama mengetahui bahwa stres tidak baik untuk kesehatan.

"Apa yang tidak terhubung dengan stres?" kata Dr Hussain.

“Banyak kondisi medis kronis dan kondisi kesehatan mental dipengaruhi oleh stres.”

Baca Juga: Doa dan Zikir untuk Menghilangkan Stres yang Diajarkan Rasulullah

Ini termasuk kondisi kulit seperti eksim. “Semakin stres Anda, Anda cenderung mendapatkan jerawat eksim yang lebih buruk. Ada hubungan di sana."

Yang menantang, lanjut dia, adalah bahwa stres bisa sulit diukur.

“Stres tidak dapat diukur. Itu bukan sesuatu yang dapat kita lakukan untuk melakukan tes seperti yang kita lakukan untuk diabetes atau tekanan darah,” kata Dr Hussain.

“Tetapi stres memengaruhi hampir semua hal di tubuh Anda, termasuk seberapa cepat Anda sembuh setelah operasi atau seberapa cepat Anda merespons pengobatan. Ini sangat subjektif.”

Namun, dokter tahu hubungan antara stres dan eksim ada hubungannya dengan hormon.

“Hormon perasaan senang, endorfin Anda, cenderung ditekan ketika Anda dalam keadaan stres,” kata Dr Hussain.

"Ketika Anda berada dalam mode fight-or-flight, detak jantung Anda cenderung naik, tekanan darah Anda akan merespons sesuai, dan tubuh Anda akan melepaskan hormon lain."

Dia melanjutkan, saat stres, hormon-hormon ini (termasuk kortisol) dapat melindungi. Namun, berada dalam mode fight-or-flight terus-menerus dapat merusak kesehatan.

 “Itu pasti tidak baik untukmu. Dan saat itulah Anda bisa mendapatkan wabah eksim.”

Cara untuk mengendalikan stres dan eksim

Menjaga tingkat stres Anda tetap rendah adalah salah satu cara untuk membantu mengendalikan gejala eksim Anda. Berikut adalah beberapa opsi untuk dicoba:

1. Olahraga

Olahraga menyebabkan Anda melepaskan endorfin, hormon yang menyebabkan perasaan tenang dan bahagia. "Olahraga, olahraga, olahraga - saya tidak bisa mendorong itu cukup," kata Dr. Hussain. "Itu satu-satunya cara alami otak Anda melepaskan endorfin."

Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa tidak semua bentuk latihan diciptakan sama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x