Kompas TV nasional peristiwa

Lapor dan Kembalikan Dompet Berisi Cek Rp 35 Miliar, Halimah: Itu Bagian dari Core Value BUMN

Kompas.tv - 2 November 2021, 16:40 WIB
lapor-dan-kembalikan-dompet-berisi-cek-rp-35-miliar-halimah-itu-bagian-dari-core-value-bumn
Halimah, seorang cleaning service yang temukan sebuah dompet berisi cek senilai Rp 35 miliar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Sumber: Tangkapan Layar Instagram/@angkasapura_solusi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Halimah, seorang cleaning service yang temukan sebuah dompet berisi cek senilai Rp 35 miliar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ia menyebut tindakannya untuk melaporkan barang temuan milik penumpang adalah bagian dari core value Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kita diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta, dengan acuan core value BUMN, yaitu dengan akhlak atau kejujuran," kata Halimah dalam sebuah video milik Humas PT Angkasa Pura Solusi (APS), Selasa (2/11/2021).

Dalam implementasinya, kata Halimah, setiap petugas yang ada di bandara, harus mengembalikan dan melaporkan kepada pihak keamanan yang bertugas. Terutama jika menemukan benda apapun yang merupakan milik penumpang.

"Setiap kita menemukan benda apapun dan yang bukan hak milik kita, itu harus dikembalikan dan dilaporkan kepada pihak pihak security yang bertugas di area tersebut," sambungnya.

Baca Juga: Dompet Berisi Cek Rp35 Miliar Telah Dikembalikan, Pemilik: Terima Kasih, Nanti Allah yang Membalas

Lebih lanjut, Halimah menerangkan bahwa petugas bandara harus memiliki sikap jujur. Sehingga, apapun benda yang ditemukan di area penumpang sekitar bandara dapat kembali ditemukan oleh pemiliknya.

"Jika menemukan sesuatu kita memang harus memiliki sikap yang jujur, dan berharap barang itu bisa ditemukan oleh si pemiliknya," terangnya.

Ia juga mengingatkan kepada petugas bandara lainnya untuk terus menerapkan acuan core value BUMN dengan benar-benar mengimplementasikan rasa jujur dalam diri masing-masing.

"Mohon terapkan rasa kejujuran di dalam diri kita," pungkasnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura Solusi mengapresiasi kejujuran Halimah dengan memberikan hadiah berupa promosi jabatan dari team leader menjadi supervisor cleaning service di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut diberikan lantaran kejujuran yang dimiliki Halimah saat menemukan dompet milik pengusaha asal Jambi berisikan cek senilai Rp 35 miliar.

Adapun kronologinya, penemuan dompet berisi cek bermula ketika Halimah sedang bertugas pada hari Jumat (29/10/2021) pekan lalu, pada pukul 10.00 WIB.

Halimah sedang bersih-bersih di sekitar ruang tunggu keberangkatan Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta. Menurut Halimah, kondisi bandara pada saat itu cukup ramai.

Halimah yang sedang bekerja melihat sebuah dompet berwarna cokelat. Dompet itu tergeletak di kursi ruang tunggu tanpa terlihat tanda-tanda pemiliknya. Dompet itu berisi sejumlah buku tabungan, paspor, 2 cek yang salah satunya bernilai Rp35,9 miliar.

Dompet yang tidak sengaja ditemukan Halimah tersebut langsung diserahkan kepada petugas Avsec tanpa memeriksa isinya.

Baca Juga: Dompet Berisi Cek Rp35 Miliar Sudah Dikembalikan, Pemilik Terkejut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x