Kompas TV nasional sosial

Tepis Stigma Buruk Soal Lansia Tinggal di Panti Jompo, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Kompas.tv - 2 November 2021, 15:47 WIB
tepis-stigma-buruk-soal-lansia-tinggal-di-panti-jompo-ini-beberapa-hal-yang-perlu-diketahui
Tepis stigma buruk lansia tinggal di panti jompo, ini beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat (Sumber: Freepik)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kisah ibu Trimah viral di media sosial. Seorang ibu lansia di Magelang yang dititipkan ketiga anaknya di Griya Lansia Husnul Khatimah, Malang, Jawa Timur.

Ia dititipkan oleh ketiga anaknya di panti jompo karena tidak sanggup lagi mengurus akibat kesibukan. 

Bahkan, ketiga anaknya juga membuat surat pernyataan yang berbunyi jika ibu mereka meninggal maka pemakaman Trimah diserahkan kepada pihak panti.

Akibat dari kisah tersebut, banyak netizen yang memberikan komentar di sejumlah unggahan akun media sosial. Tidak sedikit, netizen merasa miris dengan sikap yang dilakukan ketiga anaknya hingga menuding durhaka karena tidak mau merawat orang tua sendiri.

Namun tidak sedikit pula, netizen yang membagikan pandangan lain yang tidak menstigma buruk atas sikap anak yang menitipkan orang tuanya di panti jompo. Serta, menepis stigma seorang lansia yang tinggal di panti jompo sama halnya dengan orang terlantar.

Lebih lanjut, Feriawan Agung Nugroho, pekerja sosial yang sempat sembilan tahun bekerja di Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) Unit Abiyoso Pakem, Sleman, Yogyakarta, membenarkan bahwa persoalan pro dan kontra soal merawat orang tua yang di masa lansia dengan menitipkan di panti jompo. Terutama di Indonesia.

Menurut Feri, masyarakat Indonesia cenderung masih terikat dengan nilai agama, nilai ketimuran, dan etika masyarakat umum yang menganggap mempercayakan orang tua ke panti jompo adalah suatu hal yang salah.

Selain itu juga, alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menyebut bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengenal lebih jauh soal apa itu panti jompo, panti werdha, dan tempat penitipan orang tua.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Masih Rendah, Kemenkes Beber Penyebabnya

"Lebih dalam lagi, banyak masyarakat yang tidak tahu atau tidak paham kebutuhan orang yang sudah lanjut usia. Bagaimana pemantauan kesehatan, penciptaan lingkungan yang kondusif, pemenuhan kebutuhan sosialnya, dll," jelas Feri seperti dilansir dari KOMPAS.Com, Selasa (02/11/2021).

Feri juga menyatakan bahwa minimnya pengetahuan masyarakat soal apa saja hal-hal yang diterima dan dilakukan para lansia di tempat perawatan membuat stigma panti jompo semakin buruk.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Hello Sehat


BERITA LAINNYA



Close Ads x