Kompas TV nasional berita utama

SBY Sakit Kanker Prostat, PDIP: Kami Doakan Beliau Dapat Rahmat Kesembuhan

Kompas.tv - 2 November 2021, 14:33 WIB
sby-sakit-kanker-prostat-pdip-kami-doakan-beliau-dapat-rahmat-kesembuhan
Kolase foto Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Sumber: Kompas.com/Antara)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) mendoakan Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sembuh dari sakit kanker prostat yang dialaminya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis kepada KOMPAS TV, Selasa (2/11/2021).

“Politik itu sejatinya penuh dengan wajah kemanusiaan. Karena itulah ketika mendapat informasi bahwa Pak SBY sakit, kami mendoakan agar Beliau mendapat rahmat kesembuhan, diteguhkan semangatnya dan mendapatkan perawatan terbaik,” kata Hasto.

Hasto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ketika menjabat Presiden juga pernah meminta dokter kepresidenan memberikan perawatan terbaik ketika Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto sakit.

Oleh karena itu, kata Hasto, PDI Perjuangan merekomendasi kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan perhatian yang terbaik bagi SBY.

Baca Juga: Moeldoko Ajak Seluruh Masyarakat Indonesia Doakan Kesembuhan SBY

“Sebagaimana halnya ketika Pak Harto sakit, Ibu Megawati Soekarnoputri dengan kehalusan rasa kemanusiaan Beliau, mendorong pemerintah agar melalui dokter kepresidenan memberikan perawatan terbaik,” ujar Hasto.

“Maka kami pun juga merekomendasikan hal yang sama, agar Presiden Jokowi memberikan perhatian terbaik agar dokter istana kepresidenan yang dikenal ahli dapat membantu Pak SBY untuk mendapatkan perawatan terbaik.”

Seperti diberitakan, Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengalami kanker prostat (prostate cancer). Dalam waktu dekat, SBY akan menjalankan medical check-up dan treatment di luar negeri.

“Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri,” ungkap Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.

“Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer).”

Ossy menuturkan berdasarkan hasil pemeriksaan dilakukan melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain.

Kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Baca Juga: SBY Sakit Kanker Prostat, Setneg Sampaikan Doa Kesembuhan

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” kata Ossy.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x