Kompas TV nasional update corona

Kapan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai? Kemenkes: Secepat Mungkin, ya!

Kompas.tv - 2 November 2021, 09:00 WIB
kapan-vaksin-covid-19-untuk-anak-usia-6-11-tahun-dimulai-kemenkes-secepat-mungkin-ya
Ilustrasi vaksinasi anak. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut bahwa pelaksanaan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dilakukan secepat mungkin. (Sumber: ANTARA/Kompas TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski sudah mendapat izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tapi waktu penyuntikan vaksin Covid-19 untuk anak pada usia 6-11 tahun belum dapat dipastikan kapan dimulai. 

Hal ini lantaran, masih harus menunggu ketentuan teknis pelaksanaan dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Juru bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ada beberapa hal teknis yang mesti diperhatikan.

Hal-hal teknis yang dimaksud Nadia melingkupi dosis yang digunakan, jarum suntik, hingga jenis penyakit apa yang membuat anak tersebut tidak boleh disuntik vaksin Covid-19.

Terlebih kata dia, beberapa anak di umur seperti itu masih menjalani suntikan imunisasi.

Teknis pelaksanaannya yang dimaksud Nadia juga terkait soal sosialisasi kepada tenaga vaksinator. 

"Mungkin ada sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, anak usia 12-17 tahun, ini mungkin kita harus lakukan kembali sosialisasi kepada seluruh vaksinator dan sasaran iklan layanan kesehatan," kata Nadia dalam Program Sapa Indonesia Pagi KOMPAS.TV, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac Untuk Anak 6-11 Tahun

Saat ditanya berapa lama lagi mulai bisa dilakukan suntikan pertama untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun, Nadia hanya menjawab secepat mungkin.

"Secepat mungkin, ya," katanya. 

Kata dia, saat ini, sembari menunggu teknis pelaksanaannya, Nadia lebih menyoroti ketersediaan vaksinnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x