Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Jokowi Hari ini akan Terima Presidensi G20 dari PM Italia, Pimpin 20 Ekonomi Terbesar Dunia

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 12:59 WIB
presiden-jokowi-hari-ini-akan-terima-presidensi-g20-dari-pm-italia-pimpin-20-ekonomi-terbesar-dunia
Presiden Joko Widodo asyik berbincang dengan PM Inggris Boris Johnson, kiri, dan PM Australia Scott Morrison, tengah, di sela-sela KTT G20 di Roma, Italia, malam tadi (Sumber: Kompas TV/BPSM Sekretariat Presiden)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

ROMA, KOMPAS.TV - Indonesia hari ini akan menerima tongkat kepemimpinan kelompok negara-negara G20, dengan presiden Joko Widodo menerima keketuaan atau presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi menjelang penutupan KTT G20 di Roma, Italia, Minggu (31/10/2021). 

Presiden Jokowi selain menerima keketuaan G20, hari ini memiliki agenda kerja yang sangat padat, seperti dilaporkan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi mengawali hari Minggu dengan pertemuan bilateral bersama Managing Director IMF Kristalina Giorgieva di La Nuvola.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan menghadiri sesi KTT G20 tentang perubahan iklim dan lingkungan. Seperti dilaporkan Straits Times, Sabtu, (30/10/2021), jajaran pejabat senior G20 saat ini sedang sengit merundingkan pernyataan bersama kepala negara G20 terkait pemanasan global dan perubahan iklim. 

Usai menghadiri sesi KTT G20, presiden jokowi akan menggelar pertemuan trilateral dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Selanjutnya, sesi KTT G20 tentang lingkungan berkelanjutan akan menjadi agenda berikutnya yang dihadiri Presiden Jokowi. 

Setelah itu, Presiden Jokowi akan menghadiri sesi penutupan KTT G20. Pada sesi penutupan inilah, Perdana Menteri Italia Mario Draghi akan menyerahkan keketuaan atau presidensi G20 kepada Presiden Joko Widodo.

Presidensi G20 ini merupakan yang pertama bagi Indonesia dan akan dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Baca Juga: Prancis Dekati Indonesia dan India di KTT G20 untuk Perdalam Kerja Sama dan Pengaruh di Indo-Pasifik

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte berbincang serius dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in - Moon Jae-in malam tadi di sela KTT G20 di Roma, Italia (Sumber: BPMI Sekretariat Presiden)

"Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia mulai Desember 2021. Ini merupakan kehormatan bagi kita, bagi Indonesia, dan sekaligus tanggung jawab yang besar, yang harus kita jalankan dengan baik," ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (29/10/2021) sebelum bertolak ke Roma, Italia.

Seusai penutupan KTT G20, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sebuah pertemuan bilateral.

Presiden juga dilaporkan akan menghadiri KTT rantai pasokan global yang akan dibuka oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Selesai acara tersebut, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandara Fiumicino, kemudian lepas landas menuju Bandara Glasgow Prestwick International di Skotlandia.

Di Glasgow, Skotlandia, Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 tanggal 1 sampai 2 November 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x