Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

9 Tanda Sedang Berada dalam Hubungan Situationship, Anda Mengalaminya?

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 21:59 WIB
9-tanda-sedang-berada-dalam-hubungan-situationship-anda-mengalaminya
Ilustrasi. Hubungan non-komitmen seperti menjadi sangat umum saat ini. Salah satunya adalah hubungan situationship. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hubungan non-komitmen seperti menjadi sangat umum saat ini. Salah satunya adalah hubungan situationship.

Dilansir Womens Health, Saba Harouni Lurie, LMFT, menjelaskan, situatioship bisa bersifat sementara. Seperti, berkencan beberapa kali dengan seseorang, tetapi masih terlalu dini untuk membahas status hubungan, atau bisa juga definisi hubungan,

"seperti jika Anda sedang berkencan di sebuah kota pada tugas jangka pendek dan mulai melihat seseorang dengan santai."

Sementara, Jess Carbino, PhD, mantan sosiolog untuk Tinder dan Bumble, menekankan bahwa pelabelan hubungan dapat membantu menciptakan makna dan menentukan harapan di sekitar hubungan.

"Situationship  dapat didefinisikan sebagai hubungan romantis yang tidak memiliki komitmen dan norma serta harapan yang terkait," katanya.

“Aplikasi kencan online telah menciptakan paradoks pilihan ini,” kata Christie Tcharkhoutian, PhD, LMFT, pakar hubungan senior Three Day Rule di Los Angeles.

Menurutnya, memiliki hubungan yang tanpa komitmen terkadang terlihat keren. Itu bisa menyenangkan, memuaskan secara seksual, bahkan membebaskan.

“Memberi Anda waktu untuk mengenal seseorang tanpa merasa tertekan untuk membuat keputusan," kata Tcharkhoutian.

Sementara, Abby Medcalf, PhD, pakar hubungan, penulis, dan pembicara di Berkeley, California, mengatakan, ada reaksi fisiologis aktual yang terjadi saat Anda berhubungan intim dengan seseorang.

Hormon oksitosin dilepaskan saat berhubungan seks, berpelukan, atau bahkan hanya berpelukan, kata Medcalf.

Baca Juga: 7 Cara Mengejutkan yang Bikin Hubungan Lebih Romantis

Namun, begitu emosi terbentuk, Anda mulai merasa ditolak karena orang tersebut tidak menginginkan Anda sepenuhnya.

Berikut 9 Tanda Hubungan Situationship:

1. Tidak ada evolusi atau pertumbuhan alami

"Salah satu sinyal utama dari suatu situasi adalah bahwa hubungan tersebut terkotak-kotak dan orang tersebut tidak terintegrasi ke dalam hubungan sosial lainnya (yaitu, teman dan keluarga)," kata Carbino.

Dia menambahkan, lamanya hubungan situationship juga merupakan kunci untuk mengevaluasi apakah ada kesempatan untuk berkembang menjadi sesuatu yang lebih.

"Situationship yang lebih lama seringkali tidak terlalu menjanjikan karena seringkali menandakan kurangnya keinginan dari salah satu pihak untuk melanjutkan hubungan ke keadaan yang berbeda dan lebih berkomitmen," katanya.

2. Ada orang lain yang terlibat

"Jika Anda menemukan bahwa pasangan Anda terlibat secara romantis/seksual dengan satu atau lebih orang lain, Anda mungkin berada dalam hubungan situationship," kata Harouni Lurie.

"Bahkan dalam pasangan yang secara aktif mempraktikkan etika non-monogami, idealnya akan ada batasan yang jelas, sehingga semua pihak tetap mendapat informasi dan dapat menyetujui batasan hubungan."

Sekali lagi, dengan hubungan situationship, komunikasi bukanlah hal yang tepat, jadi Anda dapat mengetahui informasi ini dari teman, media sosial, atau bahkan pertemuan yang tak disengaja.

3. Anda hanya membuat rencana jangka pendek

Orang-orang dalam hubungan membuat rencana berminggu-minggu, berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun sebelumnya.

Sementara, orang-orang yang berada dalam hubungan situationship mungkin bekerja pada garis waktu yang lebih banyak setiap jam dan setiap hari.

"Anda berada dalam hubungan situationship ketika Anda tidak diundang untuk bertemu keluarga, dan Anda tidak akan bertemu di akhir pekan atau hari libur," kata Medcalf.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x