Kompas TV nasional gaya hidup

7 Cara Mengejutkan yang Bikin Hubungan Lebih Romantis

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 20:42 WIB
7-cara-mengejutkan-yang-bikin-hubungan-lebih-romantis
Ilustrasi pacaran. Ada banyak cara menjaga hubungan asmara tetap romantis. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Hubungan asmara yang romantis dan bahagia adalah dambaan banyak orang. Namun, tak seperti novel atau film roman, perlu usaha terus-menerus untuk menjaga keromantisan hubungan dengan pacar, partner atau suami istri.

Sementara, tiap orang memiliki tanggung jawab sehari-hari lainnya, seperti tugas, pekerjaan, kebutuhan menjaga pertemanan hingga keharusan menghormati orang tua.

Rasa bosan pun bisa menggerogoti hubungan. Akan tetapi, banyak pasangan merasa lebih mudah membiarkan masalah tak terselesaikan hingga membuat cinta mereka memudar.

Berikut 7 cara mengejutkan yang dapat menjaga hubungan tetap romantis dan lebih berwarna, dirangkum dari Verywell Mind.

Baca Juga: Jangan Terjebak! Maunya Self-Love Malah Jadi Selfish, Ketahui Bedanya!

1. Kegiatan Sendiri

Melakukan kegiatan sendiri atau tak bersama pasangan terlihat jauh dari kesan romantis. Padahal, break ini dibutuhkan dan malah dapat membuat hubungan lebih romantis.

Terapis bernama Esther Perel mengatakan tiap orang membutuhkan ruang untuk sendiri, termasuk dari pasangan. Apalagi, bisa saja kita merasa terganggu dengan kebiasaan tertentu pasangan.

Ia mengatakan, ruang sendiri ini penting karena tiap orang dapat kehilangan keintiman dalam hubungan, jika terlalu lama bersama.

Dengan melakukan kegiatan sendiri, tiap pasangan dapat menumbuhkan pribadi masing-masing menjadi lebih mandiri.

Saat bertemu kembali dengan pasangan, hubungan dapat terasa lebih romantis karena masing-masing akan merasa rindu.

2. Tidur Bersamaan

Agar hubungan asmara lebih sehat, sebaiknya tiap pasangan mesti tidur di jam atau waktu yang sama. 

Menurut Chris Brantner, pakar tidur yang tersertifikasi, pasangan yang memiliki jadwal tidur berbeda akan lebih sedikit mengobrol dengan satu sama lain hingga kerap mengalami konflik.

3. Jangan Sungkan

Komunikasi adalah hal penting, terutama terkait hal-hal yang terkesan rapuh atau lemah, seperti kekurangan satu sama lain, cerita pribadi di masa lalu, hingga pendapat soal hubungan asmara ideal.

Contohnya, seorang laki-laki dapat mengakui bahwa dirinya kerap terlalu mengontrol pasangannya. 

Saat membicarakan hal ini dengan pasangan, kita dapat mengetahui alasan mengapa hal itu bisa terjadi, misalnya karena takut ditinggalkan.

Berbagi dengan pasangan soal berbagai hal ini penting untuk membangun kepercayaan satu sama lain. Bagi pasangan yang sulit berkomunikasi, konsultasi dengan psikolog dapat membantu.



Sumber : Kompas TV/verywellmind.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.