Kompas TV nasional budaya

Sosok Pemuda yang Berprestasi Banggakan Indonesia, Simak Selengkapnya!

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 20:42 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu tentunya menjadi hal penting bagi para pemuda Indonesia.

Yang berbeda adalah kala itu para pejuang bangkit memperjuangkan tanah air dari penjajahan tetapi sekarang para pemuda bergerak untuk berkreasi dan mengukir prestasi demi membanggakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah tonggak sejarah awal bersatunya para pemuda di Indonesia dalam upaya mencapai kemerdekaan.

Para pemuda bersatu dan bersumpah sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Kini di era modern semangat Sumpah Pemuda yang memiliki tujuan untuk membangun Indonesia lebih baik dikobarkan oleh banyak generasi muda.

Salah satunya dari bidang seni yakni sosok yang dipilih oleh industri perfilman holywood untuk memerankan karakter Sub-Zero dalam film Mortal Kombat adalah aktor asal Indonesia yang sudah tak asing lagi dengan keahlian seni bela dirinya yaitu Joe Taslim.

Joe Taslim menjadi salah satu aktor yang menginspirasi para pemuda di tanah air. Melalui kemampuan akting yang didalaminya, ia berhasil diakui dalam dunia perfilm-an internasional.

Jauh sebelum Joe Taslim berkarya di dunia acting, ia juga pernah berprestasi menjadi atlet judo. Dalam kariernya sebagai atlet, salah satu yang pernah diraihnya adalah medali perak dalam ajang Sea Games 2007.

Karena tak pernah berhenti bermimpi dan berkarya ia terus meraih prestasi di dunia acting termasuk dipercaya bermain di film-film hollywood lainnya.

Baca Juga: Sisi Lain Mo Salah: Hobi Beramal, Bangun Rumah Sakit hingga Penghargaan Inspirasi Olahraga Dunia

Dalam bidang olahraga, bendera merah putih berhasil berkibar di pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade Tokyo 2020. Berkat prestasi dan kerja keras, Olimpiade Tokyo 2020 menjadi saksi sejarah.

Greysia Polli dan Apriyani Rahayu, pasangan ganda putri badminton Indonesia pertama yang membawa pulang medali emas untuk tanah air.

Pemuda Indonesia yang juga menginspirasi dari Bidang Ilmu Pengetahuan yakni Indra Rudiansyah.

Ia menjadi salah satu pemuda Indonesia yang ikut berkontribusi terhadap penelitian mengenai vaksin covid-19 jenis Astrazeneca di Universitas Oxford, Inggris.

Indra membantu pengembangan Vaksin Astrazeneca secara sukarela dengan niat membantu mengatasi banyak negara menghadapi pandemi.

Dan Indonesia tentu bangga karena Vaksin Astrazeneca menjadi salah satu vaksin yang juga digunakan di negeri ini dalam penanganan pandemi untuk menciptakan herd imunity bagi masyarakat.

Baca Juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, 180 Paket Prokes Dibagi Untuk Pemuda di Kota Malang

Pemuda lain yang tak kalah membanggakan yakni Jerome Polin.

Banyak generasi muda mengenal Jerome sebagai youtuber yang kerap menyajikan konten-konten edukasi seperti belajar bahasa jepang, pengetahuan umum hingga mengerjakan soal-soal matematika.

Kecintaannya akan matematika membuat Jerome ingin berbagi ilmu melalui kanal youtube miliknya dengan memperlihatkan berbagai trik mengerjakan soal matematika dengan cara yang menyenangkan.

Sejak masih kecil, Jerome sudah mempunyai mimpi untuk bisa kuliah di luar negeri, namun karena keterbatasan biaya dari keluarga ia pun mengejar cita-citanya melalui prestasi dan terbukti melalui serangkaian olimpiade matematika yang ia ikuti saat SMA, Jerome berhasil mendapat beasiswa di Universitas Waseda Jepang, jurusan matematika.

Sosok-sosok inspiratif ini hanyalah sebagian kecil dari banyak pemuda Indonesia lainnya yang sukses mengejar mimpi dan mengasah potensi diri mereka.

Berprestasi di luar negeri ataupun di dalam negeri berkarya di bidang ilmu pengetahuan, olahraga, ataupun di bidang lain tak menjadi soal selama para pemuda Indonesia bisa membuat aksi inspiratif ke arah kebaikan maka ini menjadi makna sumpah pemuda yang sesungguhnya.

Baca Juga: Bervaksin di Momentum Sumpah Pemuda, Ajak Generasi Muda Jadi Pelopor Vaksinasi Atasi Pandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x