Kompas TV nasional peristiwa

Perfilman Indonesia Diyakni akan Segera Bangkit Meski di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 20:07 WIB
perfilman-indonesia-diyakni-akan-segera-bangkit-meski-di-tengah-pandemi
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid optimistis perfilman Indonesia akan segera bangkit meskipun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19. (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV/Nurul)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid optimistis perfilman Indonesia akan segera bangkit meskipun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Menurut Hilmar Farid, hal itu dibuktikan dengan tingginya antusiasme ekosistem perfilman dalam menyemarakkan gelaran tahunan Festival Film Indonesia 2021.

Oleh sebab itu, kata Dirjen Kebudayaan pihaknya akan terus berkomitmen mendukung gelaran apresiasi para pegiat perfilman di Indonesia.

"Saya ingin menegaskan komitmen dari Kemenristek kita akan terus berjalan bersama-sama. Sekarang kita akan melalui masa sulit karena pandemi tapi kita akan moving back dan cukup yakin akan kembali bangkit perfilman Indonesia, makin jaya," kata Hilmar Farid dalam konferensi pers Menuju Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 secara virtual, Rabu (27/10/2021).

Lebih lanjut, Hilmar mengapresiasi para ekosistem perfilman yang telah berpartisipasi dan menyertakan filmnya di FFI tahun ini.

Baca Juga: Daftar Lengkap Dewan Juri Tahap Akhir Festival Film Indonesia 2021

Bahkan Hilmar menyebut, meskipun Indonesia masih berada di tengah pandemi, tetapi para sineas tetap berkarya di setiap harinya.

"Soal produksi film yang luarbiasa ada 69 yang mendaftar di cerita panjang. Dihitung-hitung tiada hari tanpa produksi. Ini bukti resiliensi yang luarbiasa hebat," lanjut Hilmar Farid.

Keterlibatan para ekosistem perfilman dalam FFI, kata Hilmar merupakan bentuk pengakuan bahwa FFI merupakan ajang film paling signifikan di Indonesia.

"Lagi, teman-teman ingin menyertakan filmnya di FFI tahun ini adalah bentuk pengakuan ekosistem perfilman terhadap signifikasi FFI sebagai film yang paling signifikan di Indonesia," sambungnya.

Tak lupa pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Komite FFI selaku penyelenggara helatan akbar serta Badan Perfilman Indonesia (BPI) selaku punggawa FFI.

"Selamat kepada Komite Festival Film Indonesia dan BPI yang sudah berjalan sejauh ini dan kita akan segera melihat film-film terbaik yang akan muncul di tahun ini," pungkasnya.

Perlu diketahui, malam puncak penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 akan diselenggarakan pada 10 November.

Sengaja digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan dalam rangka mendukung Bapak 
Perfilman Indonesia, Usmar Ismail, sebagai pahlawan nasional.

Seluruh rangkaian acara akan disiarkan secara langsung di KOMPAS TV, serta kanal YouTube Festival Film Indonesia dan Kemendikbudristek pada pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Nominasi Festival Film Indonesia 2021 Telah Diumumkan, Ini Daftar Lengkapnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x