Kompas TV nasional berita utama

Di KTT ASEAN-Jepang, Jokowi Umumkan Indonesia Gelar Forum Infrastruktur Indo-Pasifik Tahun 2023

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 17:26 WIB
di-ktt-asean-jepang-jokowi-umumkan-indonesia-gelar-forum-infrastruktur-indo-pasifik-tahun-2023
Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Jepang secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia akan menggelar Forum Infrastruktur Indo-Pasifik pada tahun 2023.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Jepang secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

Demikian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan seusai mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT ke-24 ASEAN-Jepang.

“Presiden mengatakan pada 2023 Indonesia berencana menyelenggarakan forum infrastruktur Indo-Pasifik. Tahun 2023 Indonesia memegang Keketuaan ASEAN, dan Indonesia yakin bahwa Jepang akan mendukung penyelenggaraan tersebut,” kata Retno Marsudi.

“Kemitraan dengan sektor swasta Jepang pun menjadi sangat penting khususnya dalam hal transfer ilmu dan teknologi serta mobilisasi pembiayaan.”

Baca Juga: Jokowi Dorong Kerja Sama Infrastruktur ASEAN-Jepang Terus Berlanjut

Dalam KTT ASEAN-Jepang, Retno menuturkan Presiden Jokowi menyampaikan tentang pentingnya kerjasama konektivitas dan kerjasama infrastruktur sebagai fokus kerja sama ASEAN Jepang.

“Jepang adalah Mitra ASEAN dalam bidang infrastruktur dan dari data yang ada setidaknya saat ini Jepang memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan dengan nilai 259 miliar us dolar di berbagai negara ASEAN termasuk tentunya di Indonesia,” ujar Retno.

“Infrastruktur memiliki potensi besar untuk menggerakkan roda perekonomian kawasan serta menyerap banyak tenaga kerja.”

Selain itu, Kerjasama ASEAN Jepang juga memiliki pengalaman kerja sama yang cukup panjang dalam pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Yunarto Wijaya Ingatkan Jokowi, Isu Reshuffle Tanpa Realisasi Berdampak Negatif

Bahkan pemerintah Jepang telah lama terlibat mendukung implementasi dari master plan of ASEAN connectivity.

“Penting untuk digarisbawahi bahwa infrastruktur dan konektivitas adalah salah satu prioritas kerjasama konkrit di bawah ASEAN Outlook on di Indo Pasifik,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x