Kompas TV nasional peristiwa

Profesor Kishore: Gaya Bersahaja Jokowi Bisa Tenangkan AS-China

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 17:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Profesor Singapura Kishore Mahbubani percaya bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan memberikan kepemimpinan yang baik di G20.

Menurutnya gaya Jokowi yang bersahaja dan rendah hati dapat menenangkan perseteruan antara Amerika Serikat dan China.

"Gaya Presiden Jokowi yang bersahaja, rendah hati, adalah apa yang Anda butuhkan saat Anda menghadapi--saya menyebutnya--gajah tapi kadang mereka keras seperti macan, China, AS. Pemimpin yang diam dan bersahaja seperti Presiden Jokowi yang bisa menenangkan gajah yang mengamuk ini. Dan mengatakan: ‘Hei tenang, kita memiliki hal yang lebih penting untuk dilakukan', Itulah kenapa saya pikir Indonesia bisa memberikan kepemimpinan yang baik di G20 dan saya percaya diri G20 di Indonesia akan sukses,” ujar Kishore Mahbubani Peneliti Asia Research Institue, National University of Singapore.

Hal ini ia sampaikan dalam kuliah umum Golkar Institute yang disiarkan melalui YouTube, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Yunarto Wijaya Ingatkan Jokowi, Isu Reshuffle Tanpa Realisasi Berdampak Negatif

Selain itu, Kishore mengatakan hingga saat ini tak ada orang yang menentang klaimnya mengenai Jokowi sebagai sosok yang jenius seperti dalam artikelnya.

"Tidak pernah terpikirkan itu akan menjadi trending topic selama berminggu-minggu di Project Syndicate, itu dibaca oleh semua orang di dunia, tidak hanya Indonesia. Dan tidak ada orang yang menentang klaim saya, bahwa Presiden Jokowi adalah pemimpin yang paling efektif yang dipilih secara demokratis di dunia sekarang," kata Kishore Mahbubani.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x