Kompas TV internasional kompas dunia

Gara-Gara Masalah Toilet, SpaceX Perbaiki Kapsul Luar Angkasanya

Rabu, 27 Oktober 2021 | 06:45 WIB
gara-gara-masalah-toilet-spacex-perbaiki-kapsul-luar-angkasanya
Kapsul SpaceX Crew Dragon mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk berlabuh pada Sabtu, 24 April 2021. SpaceX berjuang untuk mengatasi tumpahan toilet di kapsulnya sebelum meluncurkan kru lain untuk NASA. (Sumber: NASA via AP)

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV — Perusahaan SpaceX yang akan meluncurkan empat astronotnya ke luar angkasa akhir pekan ini, harus berurusan dengan masalah toilet.

Mereka ingin memastikan kebocoran toilet tidak akan membahayakan peluncuran kapsul yang direncanakan akan dilakukan pada Minggu (31/10/2021) akhir bulan ini di Kennedy Space Center, Amerika Serikat (AS).

“Dalam penerbangan pribadi pertama SpaceX bulan lalu, sebuah tabung terlepas. Hal ini membuat sejumlah urin tumpah ke kipas dan ke lantai,” kata William Gerstenmaier, wakil presiden SpaceX yang pernah bekerja untuk NASA. 

“Masalah yang sama baru-baru ini juga ditemukan di dalam kapsul Dragon di stasiun luar angkasa,” katanya seperti dikutip dari The Associated Press, Senin (26/10) lalu.

Baca Juga: Elon Musk Diproyeksi Jadi Triliuner Pertama di Dunia Karena SpaceX

Sebagai perbaikan permanen, SpaceX telah mengelas tabung pembilas urin yang ada di dalam kapsul terbaru perusahaan. Namun NASA belum selesai meninjau perbaikan yang telah mereka lakukan.

Astronot NASA Raja Chari, yang merupakan komandan pesawat ruang angkasa, mengatakan bahwa ia memiliki "kepercayaan penuh" dalam perbaikan yang telah dilakukan SpaceX. 

“SpaceX melompat dengan cepat pada masalah ini, dengan ratusan orang yang mengerjakannya untuk memastikan keselamatan kru,” ujar Chari.

“SpaceX sedang melakukan tes untuk memastikan cairan yang tumpah tidak melemahkan kapsul yang mengorbit selama enam bulan terakhir,” kata Gerstenmaier. 

Baca Juga: Empat Turis Antariksa SpaceX Berhasil Mendarat di Lepas Pantai Florida

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


SINAU

Apa itu Cinta Monyet?

Minggu, 28 November 2021 | 20:47 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19