Kompas TV nasional aiman

Jokowi Mania Dukung Ganjar Jadi Presiden?! (3) - AIMAN

Kompas.tv - 26 Oktober 2021, 09:33 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Tiga gubernur mendapat sorotan dalam bursa capres 2024. Adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Nama-nama ini tidak pernah mangkir sama sekali dalam urutan lima besar survei tingkat keterpilihan yang diselenggarakan beberapa lembaga survei.

Dalam survei teranyar Litbang Kompas, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang berada di dua posisi teratas. Menyusul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi ketiga, sementara Ridwan Kamil di posisi keempat.

Tiga nama gubernur ini disebut berpeluang besar untuk melenggang dalam perebutan kursi presiden pada 2024 mendatang.

Namun, tentu tidak ada jalan yang mulus menuju bursa calon presiden. Sejumlah ganjalan terhampar di depan mata.

Ganjar misalnya, batu penghalang terbesar muncul dari dalam partai. Nama Puan Maharani disinyalir menjadi pesaing yang akan diusung PDI Perjuangan. Praktis Ganjar Pranowo belum memiliki kuda tunggangan.

Dua gubernur lainnya pun berhadapan dengan masalah serupa. Anies Baswedan dan Ridwan Kamil juga tak punya kendaraan politik alias Parpol. Persoalan lainnya adalah masa jabatan.

Ketiganya akan kehilangan panggung politik ketika jabatan sebagai gubernur berakhir. Dengan segala hambatan tersebut, apakah mereka masih berpeluang maju di pilpres mendatang? 

Aiman mengulasnya dengan sejumlah narasumber. 

Pertama, Aiman menuju ke Sawangan, Depok, Jawa Barat untuk bertemu bertemu Koordinator ANIES, atau Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES).

Mereka optimistis bahwa Anies Baswedan akan melaju mulus dalam gelaran Pilpres 2024.

Bahkan mereka mengaku akan membuatkan “panggung” bagi Anies jika masa jabatannya sebagai gubernur berakhir. Mungkinkah? Panggung seperti apa yang akan dibuat?

Selanjutnya, Aiman beralih ke Panglima Polim, Jakarta Selatan. Aiman bertemu Ketua G-P Mania, atau Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer.

Ia juga Ketua Jokowi Mania (JOMAN) kala Pilpres 2019 lalu. Obrolan yang menarik untuk disimak. Apakah JOMAN bersalin seragam dan mengubah arah dukungan? Ataukah ini justru wujud restu Presiden Jokowi? Dan bagaimana G-P Mania melihat ganjalan internal partai bagi Ganjar Pranowo? 

Aiman juga berbincang dengan pakar komunikasi politik, Lely Arrianie.

Mungkinkah ketiga gubernur ini akan benar-benar mampu melaju dalam bursa capres dalam Pilpres 2024? 

Saksikan selengkapnya dalam Program AIMAN, Senin, 25 Oktober 2021 yang disiarkan pukul 20:00 WIB di Kompas TV, Independen Terpercaya. (Ni Luh Puspa/Kompas TV)



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.