Kompas TV nasional gaya hidup

6 Cara Lakukan Digital Detoks untuk Lepas Kecanduan Media Sosial

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:36 WIB
6-cara-lakukan-digital-detoks-untuk-lepas-kecanduan-media-sosial
Ilustrasi digital detoks untuk lepas dari kecanduan media sosial, ponsel, dan internet. (Sumber: Healthline/Gillian Mohney)

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Ponsel, internet dan media sosial saat ini tak bisa lepas dari genggam banyak orang. Hal itu bisa menjadi tanda kecanduan yang membuat banyak orang merasa perlu melakukan digital detoks.

Ada banyak manfaat dari ponsel dan media sosial, bila digunakan dengan tepat. Akan tetapi, penggunaan ponsel dan media sosial yang berlebihan juga memberikan dampak buruk.

Sejumlah survei dan penelitian menunjukkan, teknologi informasi dan komunikasi terkini menimbulkan stres.

Akibat penggunaan ponsel berlebihan, kalangan muda dapat mengalami kesulitan tidur, kosentrasi berkurang hingga gejala depresi.

Baca Juga: Sering Cek Ponsel Setiap Kali Bangun Tidur? Ini Efeknya ke Otak

Karena itu, banyak orang mulai mencoba melakukan digital detoks.  Adapun digital detoks adalah usaha menarik diri dari penggunaan ponsel, televisi, komputer, internet, dan media sosial.

Digital detoks diharapkan dapat membuat orang lebih fokus pada interaksi di dunia nyata. Selain itu, hal ini bisa jadi kesempatan untuk menghilangkan racun, berupa stres akibat teknologi.

Merasa kecanduan ponsel dan media sosial? Simak cara melakukan digital detoks ini, yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Pasang target

Buat target sendiri sesuai kemampuan dan kebutuhan. Tuntutan tugas, kerja, hingga kehidupan sehari-hari membuat kita perlu tetap menggunakan ponsel dan komputer. 

Karena itu, kita dapat memasang target sendiri dalam melakukan digital detoks selama beberapa minggu atau hari-hari tertentu dalam seminggu.

Selain itu, kita juga dapat menghapus atau mengurangi penggunaan game atau aplikasi tertentu yang membuat kita kecanduan.

2. Matikan notifikasi



Sumber : verywellmind.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x