Kompas TV regional berita daerah

Siswa SD Olah Limbah Kayu Menjadi Boneka Horta yang Lucu dan Ekonomis

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 09:30 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Seorang siswa sekolah dasar di Surabaya mampu mengolah limbah kayu menjadi boneka horta yang lucu dan bernilai ekonomi.

Selain menjadi hiasan, boneka horta ini juga bisa digunakan sebagai media tanam bibit gandum. Boneka horta berbagai bentuk ini dijual mulai harga 10 ribu rupiah.

Dini Calista Ivana, seorang siswa sekolah dasar di Surabaya mampu membuat boneka dari bahan limbah kayu. Boneka ini diberi nama boneka Horta atau Holtikultura.

Awal mula siswa kelas 5 SDN Gunung Anyar Surabaya ini membuat boneka Horta, karena melihat banyak limbah kayu yang tidak dimanfaatkan di rumahnya.

Dini pun mempelajari pembuatan boneka ini dengan menonton tutorial di media sosial maupun YouTube.

Baca Juga: Kakek Keren, Bisa Sulap Limbah Kayu Jadi Miniatur Truk

Boneka Horta ini berbahan dasar limbah kayu yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bubuk arang sekam, dan bibit gandum. Selanjutnya campuran bahan ini dimasukkan kedalam stoking dan dibentuk sesuai keinginan.

Bermacam boneka Horta, seperti kucing, ayam, harimau hingga satwa lainnya berhasil diciptakan dini. Boneka Horta ini juga bisa sebagai media tanam, tinggal disiram air nantinya akan tumbuh bibit gandum yang bisa dipanen tiga kali dalam sebulan. Namun jika hanya untuk hiasan, boneka tidak perlu disiram air. 

Selain bisa mengurangi pencemaran lingkungan, boneka Horta bisa digunakan sebagai media belajar menanam bagi anak-anak. Boneka Horta karya siswa berusia 11 tahun ini juga dijual mulai harga 10 ribu rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x