Kompas TV olahraga kompas sport

Format Kualifikasi Piala Asia 2023 Berubah, Timnas Indonesia Hanya Perlu 3 Kali Main

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 10:52 WIB
format-kualifikasi-piala-asia-2023-berubah-timnas-indonesia-hanya-perlu-3-kali-main
Evan Dimas merayakan golnya ke gawang Thailand. Hasil pertandingan timnas Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 2-2. (Sumber: Twitter @PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menetapkan bahwa pelaksanaan Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar dalam format single round robin di tempat terpusat.

Kualifikasi Piala Asia 2023 sempat memicu kontroversi di antara negara-negara peserta.

Pasalnya, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) semula bersikeras menggelar turnamen tersebut dalam format kandang-tandang.

Namun, hal tersebut tentu akan sulit dilakukan mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum memiliki tanda-tandan jelas kapan akan membaik.

Baca Juga: Meski Menang Lawan Tajikistan, Shin Tae-yong Masih akan Terus Evaluasi Timnas Indonesia U-23

Oleh sebab itu, pada Rabu (20/10/2021), AFC telah mengambil keputusan untuk mengubah format Kualifikasi Piala Asia 2023.

Perubahan itu dilakukan oleh Komite Eksekutif AFC usai mempertimbangkan tantangan pandemi Covid-19 serta mengutamakan keselamatan seluruh stakeholder yang terlibat.

Dikutip lewat rilis di laman resminya pada Senin (21/10), AFC menetapkan jika pihaknya akan menghapus format kandang-tandang dalam Kualifikasi Piala Asia 2023.

Turnamen ini lantas akan digelar dengan format single round robin alias hanya menggelar satu pertandingan untuk pertemuan setiap tim, dengan tempat terpusat.

Ada pun tiga pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 dari masing-masing grup akan dilaksanakan pada 8, 11, dan 14 Juni 2022.

Untuk lokasinya, AFC akan memberi kesempatan bagi setiap negara peserta mengajukan diri sebagai tuan rumah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x