Kompas TV regional agama

Ketika Muslimat NU Sedunia Gotong Royong Dirikan Masjid RI Pertama di London

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 10:11 WIB
ketika-muslimat-nu-sedunia-gotong-royong-dirikan-masjid-ri-pertama-di-london
Ibu-ibu jamaah muslimat NU di Inggris Raya dalam acara Doa Bersama, mereka juga ikut gotong royong membangun masjid pertama di London (Sumber: Dokumentasi Resmi PCI NU Britania Raya)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV – Ibu-ibu dari Muslimat Nahdlatul Ulama lintas negara di Eropa dan Dunia gotong royong  mendukung pendirian masjid Indonesia pertama di London, Inggris. Duta Besar RI di London, HE. Desra Percaya Ph.D bahkan memuji upaya yang dilakukan oleh ibu-ibu muslimat ini, khususnya ibu-ibu di Inggris Raya yang selama ini intens membantu banyak kegiatan di KBRI.  

Desra juga menyampaikan terkait rencana pembangunan masjid Indonesia di London, sekaligus memohon doa dan dukungan dari pelbagai pihak untuk rencana ini. Termasuk dari ibu-ibu Muslimat yang turut serta gotong royong membangun masjid pertama di jantung negeri Inggris itu.

Hal Ini ia sampaikan saat agenda Riyadhoh dan Doa Bersama yang diselenggarakan Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU dan United Kingdom dan Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU) yang dilakukan secara luring di Inggris dan dan online via zoom Minggu atau Senin waktu Indonesia.

“Saya sangat bangga (dengan upaya gotong royong dari muslimat NU sedunia-red) Kita bersama-sama sedang berupaya untuk membangun masjid Indonesia di London. Mohon doanya, semoga kita bersama-sama membangun Rumah Allah di London,” tuturnya sebagaimana rilis yang diterima KOMPAS TV (19/10).

Baca Juga: Khofifah Minta Anggota Muslimat NU Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ia juga  menyampaikan bahwa pihaknya sangat berbangga dengan kiprah Muslimat di Inggris Raya yang menjadi penggerak silaturahmi antar ormas, saling membantu dan meningkatkan moderasi bagi warga Indonesia di UK. 

“Saya bangga sekali dengan kiprah, semangat dan juga amal yang dilakukan oleh teman-teman Muslimat NU UK. Juga peran penting Muslimat NU UK dalam membangun kerukunan sesama warga Indonesia di Inggris, saling membantu, saling bahu membahu dan juga berpartisipasi dan berperan aktif dalam menyiarkan Islam rahmatan lil-alamin. Saya sangat bangga,” ujarnya.

Selanjutnya, Desra Percaya juga menyampaikan bahwa masjid Indonesia di London akan menjadi ruang silaturahmi dan peningkatkan diplomasi Indonesia, serta dakwah Islam moderat di Inggris Raya.

 “Masjid ini, Insya Allah, akan membantu meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat setempat khususnya di bidang keagamaan, pendidikan dan sosial, serta terus mempromosikan toleransi serta saling menghormati antar agama. Sekaligus juga dakwah Islam rahmatan lil-alamin, dan membangun citra baik Indonesia di level internasional, khususnya di Inggris,” kata Desra, yang merupakan alumni Universitas Airlangga dan Birmingham University, Inggris.

Baca Juga: Jokowi Ajak Muslimat NU Jaga Persatuan dan Kerukunan

Selain dukungan untuk pembangunan masjid di Inggris itu,  para ibu-ibu dari Jamaah Muslimat juga menyiapkan program gotong royong wakaf, yang berkolaborasi dengan KBRI London, PP NUCare-Lazisnu, PCINU United Kingdom, IIC London, serta beberapa komunitas lainnya.

Agenda Riyadhoh dan doa bersama ini berlangsung offline di Gedung KBRI London, di kawasan Westminster, London, UK. Sementara saluran online dari platform zoom dan Youtube dihadiri ribuan jamaah Muslimat dan NU dari Indonesia dan berbagai negara lain.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x