Kompas TV nasional gaya hidup

5 Manfaat Sunscreen yang Perlu Diketahui, Cerahkan Wajah hingga Cegah Penuaan

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 16:02 WIB
5-manfaat-sunscreen-yang-perlu-diketahui-cerahkan-wajah-hingga-cegah-penuaan
Ilustrasi Lima manfaat manfaat penggunaan sunscreen secara rutin (Sumber: Freepik)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sunscreen menjadi salah satu skincare yang perlu digunakan sebelum wajah ditimpa oleh aneka makeup. Bahkan, kandungan sunscreen yang memiliki kandungan SPF dan PA tinggi bisa membantu melindungi dari kerusakan kulit akibat sinar matahari.

SPF (sun protection factor) adalah standar ukuran perlindungan yang diberikan oleh sunscreen untuk kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB). Sedangkan, PA (Protection Grade of UVA) adalah pelindung kulit dari sinar UVA.

Dilansir dari laman SehatQ, sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat memberikan perlindungan yang tinggi terhadap kulit. Itu disebabkan perlindungan dari sinar UVB yang ditawarkan sunscreen bisa berbeda-beda tergantung pada kadar SPF yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengingatkan bahwa kandungan sunscreen dengan SPF di bawah 15 hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bukan perlindungan dari kanker kulit atau penuaan dini.

Perlu diketahui, sunscreen yang beredar dipasaran berkisar pada SPF 15 hingga SPF 100. Pemilihan sunscreen dapat disesuaikan dengan kebutuhan wajah dan hasil dari perawatan yang diinginkan. Seperti, mengurangi penuaan dini atau menghindari dari kanker kulit.

Baca Juga: Sering Keliru, Ini Urutan Penggunaan Skincare Malam yang Benar agar Manfaatnya Terasa Maksimal

Lalu sebenarnya, apa saja sih manfaat penggunaan sunscreen secara rutin? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo pasti menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Penyebab munculnya komedo, salah satunya di latar belakangi oleh paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting bagi kamu, yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat untuk memakai sunscreen. 

2. Melindungi kulit dari bahaya sinar UV

Sinar matahari memang baik bagi kesehatan tulang. Namun, sinar matahari juga bisa menembus kulit dan sebabkan iritasi hingga kanker. Sebagai upaya pencegahan, maka proteksi kulit wajib dilakukan dengan mengaplikasikan sunscreen sebelum lakukan aktivitas luar ruangan. Dengan cara ini, maka kulit akan senantiasa terlindungi dengan baik. 

3. Mencegah sunburn

Sunburn adalah kondisi kulit yang mengelupas, membengkak, merah, dan gatal-gatal, yang disebabkan paparan sinar UVB berlebihan. Kulit yang terbakar bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen amat dianjurkan untuk menghindari sunburn agar bisa terhindar dari risiko kanker kulit.

4. Cegah penuaan dini

Proses penuaan dini adalah hal yang paling tidak boleh terjadi di kulit. Hal ini biasanya terjadi akibat paparan sinar UV yang merusak pertahanan kulit, mengakibatkan usia kulit yang lebih tua dari usia asli tubuh kita. Kendati begitu, sunscreen merupakan hanya salah satu upaya untuk mencegah penuaan dini, terutama dari buruknya paparan sinar UV.

Baca Juga: Selain Produk Skincare, 5 Vitamin Alami Ini Bisa Bikin Kulit Sehat dan Bebas Jerawat 

5. Mencegah tampilan kulit menjadi kusam

Paparan sinar matahari langsung ternyata dapat menyebabkan tampilan kulit menjadi kusam. Oleh karena itu apabila kamu ingin memiliki tampilan kulit yang cerah, sunscreen adalah produk skincare yang wajib kamu gunakan setiap hari.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki tampilan kulit cerah secara instan kamu bisa menggunakan sunscreen yang memiliki efek tone-up dikulitmu. Selain terlindungi, kulit pun akan terlihat lebih cerah dengan menggunakan sunscreen jenis ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x