Kompas TV regional berita daerah

Demplot Dinas Pertanian Ajak Warga Bertani

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 11:30 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Pandemi COVID-19, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro, mengajak warga untuk bertani dengan membangun demonstrasi plot untuk tanaman cabai rawit.

Inilah hasil demonstrasi plot demplot milik Dinas Pangan dan Pertanian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, khusus tanaman cabai rawit di kampung Salili, Kecamatan Siau Tengah. 

Lahan ini dikelola langsung Dinas Pertanian setempat dan sudah masuk masa panen kedua. Untuk demplot ini baik bibit maupun pupuk disediakan Pemerintah setempat.

Demplot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang di demonstrasikan.

Nantinya di atas lahan demplot ini warga bisa membeli hasil panen ataupun belajar mulai dari proses penyemaian hingga masuk panen.

Sementara itu, melalui data dari Dinas Pangan dan Pertanian setempat, untuk tanaman cabai masih minim produksi, data sampai Juli 202 produksi cabai baru mencapai 8.390 kg dan masih bergantung ke daerah lain.

Karena itu proram demplot, diharapkan bisa merangsang warga untuk bertani sebagai sumber pemenuhan kebutuhan dan bisa dimanfaatkan untuk nilai ekonomis.

Selain program demplot, Dinas Pangan dan Pertanian juga bersedia memberi bantuan bibit dan pupuk kepada warga yang serius bertani.

#kompastvmanado #dinaspangandanpertanian #pemkabsitaro

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x