Kompas TV video sinau

Fenomena Video Aksi Truk Oleng yang Menjemput Bahaya

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 19:36 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Belakangan, sering terlihat di media sosial, video truk atau bus yang oleng. Aksi membahayakan itu direkam dengan sengaja demi mendapatkan nama di kalangan pengemudi truk atau bus. Hanya demi mendapatkan ketenaran, tapi melupakan keselamatan diri sendiri. Fenomena serupa pernah ramai beberapa tahun ke belakang dengan sebutan ‘’om telolet om’’. Berdiri di pinggir jalan, dan berteriak minta suara klakson pada pengemudi. Dua fenomena ini dapat menimbulkan bahaya bagi pengikutnya.

Menurut ahli, kendaraan besar memiliki center of gravity yang tinggi, sehingga mudah terbalik.

“Ketika truk dibuat oleng, risiko selipnya tinggi saat bertemu jalan yang berpasir, oli, maupun air. Jangan merasa paling hebat dengan melakukan aksi yang berbahaya di tempat umum yang bisa mencederai orang lain.” Papar  Sony Susmana Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Melansir dari Kompas.com

Baiknya, ketika berkendara tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.  Sesuai dengan instruksi yang tercatat dalam uu no 22 tahun 2009 pasal 105. Setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan (atau), mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.

Baca Juga: Polisi Cari Sopir Truk Kontainer yang Timpa Mobil Bos Indomaret Hingga Tewas

https://www.kompas.tv/article/223038/polisi-cari-sopir-truk-kontainer-yang-timpa-mobil-bos-indomaret-hingga-tewas 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x