Kompas TV regional berita daerah

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Gempa

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Kepala BNPB RI, Letjen TNI Ganip Warsito mendatangi lokasi terdampak gempa di desa Ban, Kecamatan Kubu,  Karangasem Minggu (17/10). Pihak BNPB berencana akan memperbaiki kembali rumah warga yang terdampak guncangan gempa Magnitudo 4,8  termasuk pemulihan trauma warga pasca gempa.

Warga melalui kepala desa Ban meminta bantuan tenda kecil yang bisa digunakan keluarga terdampak gempa untuk mengungsi sementara. Kondisi medan yang terjal dan jarak rumah yang cukup jauh, tidak memungkinkan warga mengungsi terpusat. 

Selain itu warga juga meminta pendamping secara psikologis, karena selama ini masih banyak warga shock dan trauma akibat guncangan gempa yang terjadi pada sabtu dini hari. Tercatat ada sekitar 1.049 kepala keluarga yang terdampak gempa. Diantaranya 403 unit rumah rusak berat, 630 unit rumah rusak ringan dan 111 tempat ibadah atau pura.

Kepala BNPB mengatakan, gempa berkekuatan 4,8 magnitudo, dampaknya cukup parah di desa Ban ada sekitar 15 dusun terkena dan 76 orang korban serta satu korban meninggal. Petugas dengan sigap melakukan penyelamatan korban. Pertama, BNPB akan membantu kebutuhan dasar para korban. Selanjutnya untuk roboh  sementara akan dirikan tenda-tenda, sambil menunggu perbaikan rumah mereka. 

Sejak Minggu (17/10) siang hingga saat ini di posko yang didirikan di kantor desa Ban, bantuan terus berdatangan untuk ribuan warga yang terdampak gempa di kabupaten Karangasem. Selain itu pemerintah sudah mulai menyalurkan bantuan ke warga-warga terdampak.

 

 

 

#gempa #bnpb #karangasem

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x