Kompas TV video sinau

Apa itu WADA? dan Tujuan Terbentuknya

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 22:11 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- WADA adalah singkatan dari World-Anti Doping Agency, atau Badan Anti-Doping Dunia. Berdiri pada tahun 1999 sebagai badan independen internasional, yang disusun dan didanai secara merata oleh gerakan olahraga dan pemerintah dunia.

Kegiatan utamanya meliputi penelitian ilmiah, pendidikan, pengembangan kapasitas anti-doping. Dan pemantauan kode anti-doping dunia (kode) – dokumen yang menyelaraskan kebijakan anti-doping di semua olahraga dan semua negara.

Melanisr laman resminya tujuan dibentuknya wada adalah:

1.melindungi hak dasar atlet, agar berpartisipasi dalam olahraga bebas doping, dan dengan demikian meningkatkan kesehatan, keadilan, antar-atlet di seluruh dunia.

2.untuk memastikan anti-doping yang harmonis, terkoordinasi dan efektifitas program, di tingkat internasional dan nasional yang berkaitan dengan pencegahan doping. Dalam pengaplikasian  tujuan kedua, WADA memiliki lima aspek. Yaitu pendidikan, pencegahan, deteksi, penegakan, dan aturan hukum.

Setelah peristiwa yang mengguncang dunia bersepeda pada  1998. Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan untuk mengadakan konferensi dunia tentang doping. Menggabungkan semua pihak yang terlibat dalam perang melawan doping. Sesuai dengan ketentuan deklarasi lausanne, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) didirikan pada 10 november 1999. Untuk mempromosikan dan mengoordinasikan perang melawan doping dalam olahraga secara internasional.

Baca Juga: Sikapi Sanksi WADA, LADI Sampaikan Permohonan Maaf

https://www.kompas.tv/article/222914/sikapi-sanksi-wada-ladi-sampaikan-permohonan-maaf

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x