Kompas TV regional berita daerah

Upaya Pemprov Kalimantan Tengah Cetak SDM Unggul Lewat Pendidikan

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 13:55 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Meningkatkan sumber daya manusia di Kalimantan Tengah, Gubernur Sugianto Sabran memiliki 5 program di sektor pendidikan. Salah satunya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

Berupaya menciptakan generasi unggul yang berdaya saing tinggi dari Kalimantan Tengah, Gubernur Sugianto Sabran memiliki lima program di sektor pendidikan, yakni peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik, peningkatan pelayanan pendidikan di daerah pedalaman dan terpencil, peningkatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, serta penyediaan beasiswa lulusan SMA-SMK ke perguruan tinggi.

Langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang berupaya memperbaiki sektor pendidikan di wilayahnya saat ini mulai terasa. Jumlah sekolah yang terakreditasi A dan B, naik dari 48,18%, menjadi 76,57% dalam dua tahun terakhir. 

Baca Juga: Vaksin Menumpuk, Pemkot Banjarbaru Akui Vaksinasi Terkendala SDM Sehingga Belum Optimal

Sementara, untuk mengatasi rasio tenaga pendidik yang tak sebanding dengan peserta didik, Pemrpov Kalimantan Tengah mengangkat 2.502 guru tidak tetap, dan 1.185 pegawai tidak tetap yang ada di 13 kabupaten dan 1 kota.

Langkah ini dilakukan agar jumlah tenaga pendidik dan peserta didik dapat berimbang, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x