Kompas TV klik360 sinau

Fakta Sirkuit Mandalika di NTB, Venue World Superbike 2021 dan MotoGP 2022

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:05 WIB

KOMPAS.TV – Indonesia akan menjadi tuan rumah dua ajang balap paling bergensi yaitu WorldSBK dan MotoGP. Kedua gelaran balap kelas dunia tersebut akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Dalam peluncuran nama resminya yang berlangsung Kamis (14/10/2021) di Jakarta, Sirkuit Balap Internasional Mandalika resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Progres pembangunannya sudah mencapai 97 persen, dan secara keseluruhan semua kondisi jalan sudah beraspal.

Salah satu keunggulan lintasan Sirkuit Mandalika adalah penggunaan aspal berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA).

Head of Operation - Sporting Mandalika Grand Prix Association, Dyan Dilato mengungkapkan teknologi terbaru aspal ini bertahan lama dan dapat digunakan demi menghemat perawatan.

“Partikel dari SMA ini tidak terlalu rapat maupun jarang, jadi sirkuit yang terbaru diharapkan memakai aspal ini. Dengan memakai SMA, lebih dari lima tahun, tidak perlu dilakukan resurface atau pelapisan ulang,” ujar Dyan dikutip dari Kompas.com.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,31 km, 17 tikungan, 40 garasi atau Area Paddock untuk tim balap, serta dapat menampung hingga sekitar 195 ribu penonton saat tidak dalam keadaan pandemi Covid-19.

Pada gelaran World Superbike di Sirkuit Mandalika pada November 2021 mendatang, Pemerintah Indonesia memutuskan membuka kapasitas sirkuit untuk 25 ribu penonton dengan syarat 2 dosis vaksinasi lengkap.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga akan jadi sirkuit pertama yang menggelar MotoGP di arena terbuka dan berdekatan dengan pantai.

Kawasan Mandalika digadang menjadi “Bali Baru” karena terletak dekat dengan kawasan wisata, mulai dari Bukit Merese, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, hingga berkunjung ke Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

Baca Juga: Mau Nonton World Superbike di Sirkuit Mandalika? Cek Syarat Protokol Kesehatannya

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:59 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19